KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI TAMBAKREJO 01 SEMARANG

ASLAMI, ARDHITA DIAN (2019) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI TAMBAKREJO 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARDHITA DIAN ASLAMI.pdf] Text
ARDHITA DIAN ASLAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ARDHITA DIAN ASLAMI. NPM 15120205. “Keefektifan model cooperative
learning tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD
Negeri Tambakrejo 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. Moh. Aniq KHB, M.Hum dan Diana Endah Handayani, M.Pd
2019.
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar matematika yang dicapai
siswa belum maksimal berdasarkan data yang didapat hanya 30% siswa dari
seluruh jumlah siswa yakni 26 yang telah mencapai nilai KKM yaitu 65. Selain itu
berdasarkan hasil wawancara ditemukan beberapa siswa masih banyak yang
belum memahami mata pelajaran matematika.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model cooperative
learning tipe talking stick efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II
SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model cooperative learning
tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri
Tambakrejo 01 Semarang. Efektif dalam penelitian ini adalah jika seluruh siswa
telah mencapai nilai KKM yaitu 65 pada mata pelajaran matematika.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode
pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir
kelompok tunggal). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri
Tambakrejo 01 Semarang yang berjumlah 26 orang. Data yang dikumpulkan
dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan analisis uji normalitas dengan Ltabel= 0,171, diperoleh
normalitas akhir dengan L0= 0,141. Karena L0 < Ltabel maka hasil H0 diterima dan
data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhitungan uji t hasil belajar
thitung lebih dari ttabel (5,535 > 1,671) maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan
nilai hasil belajar lebih baik antara sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) yang
menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick. Jadi model
Cooperative Learning tipe Talking Stick efektif terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model cooperative learning tipe talking stick dapat digunakan sebagai alternatif
guru dalam mengajar pembelajaran matematika di kelas.
Kata kunci : Model Cooperative Learning, Talking Stick, Hasil Belajar,
Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:13
Last Modified: 19 Nov 2024 02:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item
View Item