WIDOWATI, UMMI (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS MEDIA GAMBAR SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
UMMI WIDOWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada peserta
didik kelas X SMK Pelita Nusantara 2 Semarang, khususnya keterampilan menulis
puisi berbasis media gambar. Maka perlu adanya hal yang dapat mendukung
keberhasilan menulis puisi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan,
pembelajaran menulis puisi di SMK Pelita Nusantara 2 Semarang masih
mengunakan model pembelajaran dengan berceramah. Hal ini menyebabkan
peserta didik lebih terbatas dan kurang aktif dalam proses pembelajaran menulis
puisi sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai. Oleh karena itu, peneliti
menawarkan pembelajaran menulis puisi berbasis media gambar secara daring
untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
pembelajaran menulis puisi berbasis media gambar secara daring pada peserta didik
kelas X SMK Pelita Nusantara 2 Semarang tahun ajaran 2019/2020? Adapun
tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi
berbasis media gambar secara daring pada peserta didik kelas X SMK Pelita
Nusantara 2 Semarang tahun ajaran 2019/2020.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan
nontes. Instrumen tes berupa soal tertulis. Nontes berupa observasi, angket. Analisis
data yang dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Penerapan Pembelajaran Menulis
Puisi Berbasis Media Gambar Secara Daring pada Peseta Didik Kelas X SMK
Pelita Nusantara 2 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020 memperoleh respon positif
dan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar. Data hasil nilai
peserta didik dalam menulis puisi berbasis media gambar memperoleh nilai
tertinggi 95 dengan nilai rata-rata 82. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Media Gambar Seacara Daring dapat
diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi berbasis media gambar.
Saran yang penulis sampaikan adalah sebelum melakukan kegiatan
pembelajaran, hendaknya memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif untuk
diaplikasikan dalam proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis
puisi berbasis media gambar secara daring dapat dijadikan sebagai alternatif
pembelajaran menulis puisi berbasis media gambar untuk meningkatkan keaktifan
peserta didik.
Kata kunci: penerapan, menulis puisi berbasis media gambar, secara daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:57 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7718 |