HANI, UMI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN LOSARI LOR 03 KABUPATEN BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Umi Hani 16120003.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
UMI HANI. NPM 16120003. “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis
Media Audio Visual Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN Losari Lor
03 Kabupaten Brebes”. Skrpsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I
Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Fine Reffiane,S.Pd. M,Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keaktifan
belajar siswa kelas V SDN Losari Lor 03. Hal ini disebabkan karena pembelajaran
masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa mudah merasa
bosan dan penggunaan media pembelajaran masih terbatas belum memanfaatkan
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
pembelajaran E-learning berbasis media Audio Visual terhadap keaktifan belajar
siswa kelas V SDN Losari Lor 03 Kabupaten Brebes? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-
learning berbasis media Audio Visual terhadap keaktifan belajar siswa kelas V
SDN Losari Lor 03 Kabupaten Brebes.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
model Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Losari Lor 03 tahun
pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas V yang
menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, angket, dan dokumentasi.
Data dalam penelitian ini diambil dengan teknik pengisian angket.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata skor keaktifan akhir
lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor keaktifan awal (80,5>40,545).
Dan hasil rata-rata skor keaktifan akhir dari angket yang diisi oleh orang tua siswa
lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor keaktifan awal (80,454>40). Hasil
analisis uji-t diperoleh hasil sebesar 28,234 dan sebesar 1,717 dan
taraf signifikan 0,05, karena yaitu 28,234>1,717 sehingga Ha diterima dan ditolak. Dan hasil perhtungan uji-t angket orang tua siswa
diteroleh sebesar 24,698 dan sebesar 1,717, dan taraf signifikan
0,05, karena yaitu 24,698>1,717 sehingga diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pembelajaran E-Learning berbasis media Audio
Visual terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SDN Losari Lor 03 Kabupaten
Brebes.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya pembelajaran E-Learning berbasis media Audio Visual ini dapat
digunakan sebagai alternatif guru dalam pembelajaran untuk membuat siswa
semakin aktif dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Pembelajaran E-Learning, Media Audio Visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:54 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7713 |