SWARA, HADEI YOGA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HADEI YOGA SWARA BK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Hadei Yoga Swara NPM. 15110114 “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Self-Management Terhadap Prokrastinasi
Akademik Siswa Kelas XI IPA SMA N 11 Semarang” Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Prof. Drs. Supardi, M.M, Padmi Dhyah Yulianti, S.Psi., M.Psi,
Psikolog Desember 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPA
SMA Negeri 11 Semarang yang tergolong tinggi. Permasalahan ini diangkat
berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik, wawancara serta observasi yang
telah dilakukan di lapangan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini
adalah bagaimana tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 11 Semarang setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan
teknik self-management?. Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik
self-management berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI
IPA SMA Negeri 11 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Semarang
setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management,
untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-
management berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPA
SMA Negeri 11 Semarang, untuk mengetaui seberapa besar pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik self-management terhadap prokrastinasi akademik siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode true experimental design
dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Semarang yang berjumlah 252 siswa.
Kelas XI IPA 2 digunakan untuk tryout sebanyak 36 siswa. Sampel yang di ambil
sebanyak 20 siswa, yaitu 10 siswa dari kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol
dan 10 siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelompok eksperiment yang diambil dengan
menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpul data
yang dipergunakan adalah skala prokrastinasi akademik.
Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh thitung = selanjutnya
dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 2,101. Hal tersebut
menunjukkan bahwa thitung = > ttabel = 2,101. Atas dasar perhitungan
tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self-management terhadap
prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Semarang” diterima
kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukan bahwa
ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management
terhadap prokrastinasi akademik siswa.
Saran bagi guru BK hendaknya dapat menggunakan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi prokrastinasi
akademik siswa. Bagi siswa yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi
diharapkan dapat mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-
management untuk mengurangi prokrastinasi akademik.
Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Self-Management, Bimbingan
Kelompok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:55 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7711 |