PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE ROLE PLAYING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUARA MATERI PEMILU DAN PILKADA PADA SISWA KELAS VI SDN PALEBON 01 KECAMATAN PEDURUNGAN

MILASARI, APRILIA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE ROLE PLAYING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUARA MATERI PEMILU DAN PILKADA PADA SISWA KELAS VI SDN PALEBON 01 KECAMATAN PEDURUNGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of APRILIA MILASARI.pdf] Text
APRILIA MILASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

APRILIA MILASARI NPM 15129001 “Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui
Metode Role Playing Menggunakan Media Kartu Suara Materi Pemilu dan Pilkada
pada Siswa Kelas VI SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan ” Skripsi, Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat dan hasil belajar siswa yang
belum maksimal, ditandai dengan hasil penilaian siswa rendah. Hal ini terjadi
karena siswa belum paham dalam pembelajaran PKn materi pemilu dan pilkada
disebabkan belum dioptimalkan selama proses pembelajaran diharapkan
membantu siswa mencapai peningkatan yang lebih baik dengan memanfaatan
metode bermain peran (role playing).
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil
belajar PKn kelas VI Semester I di SDN Palebon 01 Kecamatan Pedurungan Kota
Semarang dalam materi Pemilu dan Pilkada melalui penerapan metode role
playing dengan media kartu suara, dengan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pembelajaran PKn materi Pemilu dan Pilkada pada kelas VI di SDN
Palebon 01 kota Semarang dapat meningkatan hasil belajar melalui penerapan
metode role playing.
Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data dalam
penelitian ini didapatkan dari observasi, dokumentasi dan test dalam
menyampaikan materi pemilu dan pilkada di kelas. Setiap siklus terdiri dari 4
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Palebon 01 Semarang yang berjumlah
26 siswa dari 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan metode role
playing mencapai peningkatan dalam minat belajar siswa dengan hasil belajar
PKn materi pemilu dan pilkada siswa kelas VI. Pernyataan tersebut dibuktikan
dengan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 45 pada siklus I dan
meningkat pada siklus II nilai rata-rata 85. Peningkatan hasil belajar soal pre test
sebanyak 15 % tuntas (4 siswa) dan 85 % belum tuntas (22 siswa) dan 96 % tuntas
(25 siswa) dan 4 % belum tuntas (1 siswa) hal tersebut menunjukkan sudah
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan hendaknya
menerapkan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn materi pelaksanaan
pemilu dan pilkada. Pembelajaran lebih efektif dengan menerapkan metode role
playing agar semakin menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Kata kunci : Peningkatan hasil belajar, PKn, Materi Pemilu dan Pilkada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:51
Last Modified: 19 Nov 2024 01:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7709

Actions (login required)

View Item
View Item