PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK LIVE MODELLING TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KENDAL TAHUN AJARAN 2019/2020

FALIKHA, UMI (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK LIVE MODELLING TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KENDAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Umi Falikha.pdf] Text
Umi Falikha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Umi Falikha. NPM 15110096: “Pengaruh Bimbingan Kelompok
Teknik Live Modelling Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI SMK Negeri 2
Kendal Tahun Ajaran 2019/2020” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah diketahui masih
banyak siswa yang memiliki konsep diri yang rendah, ditandai dengan pandangan
negatif terhadap kemampuan yang dimiliki. Hal tersebut mengakibatkan siswa
tidak percaya diri, dan tidak perduli. Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini
adalah bagaimana pengaruh teknik live modelling melalui layanan bimbingan
kelompok terhadap konsep diri siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kendal Tahun
Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan
kelompok teknik live modelling terhadap konsep diri siswa kelas XI SMK Negeri
2 Kendal Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian
true experimental design dengan model pre-test post-test control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kendal Tahun
Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 144 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 20
siswa kelas XI DITF 2 yang diambil dengan menggunakan teknik simple random
sampling.
Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus Alpha. Hasil uji
validitas instrument diperoleh butir instrument yang valid 20 butir dan 10 butir
tidak valid digugurkan dengan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,361.
Hasil pre-test menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 61,8
dan kelompok kontrol menunjukan rata-rata 63,5. Sedangkan hasil post-test
menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 71,6 dan kelompok control
menujukan rata-rata sebesar 60,6. Dari hasil hipotesis diperoleh thitung = 3,969.
Selanjutnya dikonsultasikan dengan db = 18 dan taraf signifikan 5%, diketahui
ttabel = 2,101 sehingga thitung > ttabel, 3,969 > 2,101.. Dengan demikian maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh
bimbingan kelompok teknik live modelling terhadap konsep diri siswa kelas XI
SMK N 2 Kendal Tahun Ajaran 2019/2020” diterima kebenaranya.
Kata Kunci: Konsep Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Live Modelling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:49
Last Modified: 19 Nov 2024 01:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7708

Actions (login required)

View Item
View Item