PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FPB MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MEDIA SANDAL FPB PADA SISWA KELAS IV SDN PALEBON 01 SEMARANG PEMBELAJARAN SECARA DARING

UMAYA, - (2020) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI FPB MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MEDIA SANDAL FPB PADA SISWA KELAS IV SDN PALEBON 01 SEMARANG PEMBELAJARAN SECARA DARING. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of UMAYA.pdf] Text
UMAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

UMAYA NPM 18126019 “Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika materi
FPB melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Media Sandal
FPB pada siswa kelas IV SDN Palebon 01 Semarang Pembelajaran secara daring”
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum
maksimal, ditandai dengan hasil penilaian siswa rendah. Hal ini terjadi karena
siswa belum paham dalam pembelajaran matematika materi FPB disebabkan
belum dioptimalkan selama proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil
belajar siswa secara daring materi FPB melalui Model Contextual Teaching And
Learning (CTL) dan media sandal FPB pada siswa kelas IV SD Negeri Palebon
01 Semarang dapat meningkatkan hasil belajar materi FPB?. Dengan tujuan
meningkatan hasil belajar siswa secara daring materi FPB melalui Model
Contextual Teaching And Learning (CTL) dan media sandal FPB pada siswa
kelas IV SD Negeri Palebon 01 Semarang pada pembelajaran materi FPB.
Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data dalam
penelitian in didapatkan dari observasi, dokumentasi dan test dalam
menyampaikan materi Matematika di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas IV B SDN Palebon 01 Semarang yang berjumlah 35 siswa dari
16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika
materi FPB penerapan model Contextual Teaching and Learning menggunakan
media Sandal FPB dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV B SDN Palebon 01
Semarang. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar
siklus I (45) dan siklus II (80). Perubahan yang signifikan hasil nilai siklus I
menunjukkan 23 % sebanyak 8 siswa tuntas dan pada siklus II naik menjadi 89%
sebanyak 31 siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal dan hasilnya
meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian ini agar guru untuk melakukan inovasi
pembelajaran dengan menggabungkan model contextual teaching and learning
dengan media pembelajaran agar semakin menyenangkan dan bermakna bagi
siswa.
Kata kunci : Media Sandal FPB, peningkatan hasil belajar, Contextual Teaching
And Learning,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:45
Last Modified: 19 Nov 2024 01:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7704

Actions (login required)

View Item
View Item