EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

SAVITRI, ANTING (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANTING SAVITRI.pdf] Text
ANTING SAVITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think
Pair Share dan model pembelajaran Pair Checks terhadap kemampuan berpikir
kritis matematis siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen
Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian dengan Cluster
Random Sampling dari populasi siswa kelas VII SMP PGRI 3 Taman Pemalang
tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes,
dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat
perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang
mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran Pair
Checks dan model pembelajaran konvensional. (2) kemampuan berpikir kritis
matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Think Pair Share lebih baik
daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (3) kemampuan
berpikir kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Pair Checks
lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (4)
terdapat pengaruh positif keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis
matematis siswa pada model pembelajaran Think Pair Share. (5) terdapat
pengaruh positif keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis
siswa pada model pembelajaran Pair Checks. (6) rata-rata kemampuan berpikir
kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Think Pair Share dan
model pembelajaran Pair Checks telah mencapai ketuntasan belajar individual
maupun klasikal.
viii
Kata Kunci: Think Pair Share; Pair Checks; Kemampuan berpikir kritis
matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:43
Last Modified: 19 Nov 2024 01:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item
View Item