UMAEROH, - (2020) PERANAN METODE PROYEK DALAM KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
UMAEROH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (565kB)
Abstract
UMAEROH. NPM 18156157. “ Peranan Metode Proyek dalam Kemampuan
Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS
PGRI Semarang. 2020.
Latar Belakang yang mendorong peneliti ini adalah kurang
berkembangnya aspek motorik halus anak. Hal tersebut disebabkan kurang
menarik metode pembelajarn yang disampaikan guru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkakan metode
proyek dalam kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun KD 3.3-4.3 terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktifitas.
Jenis penelitian ini adalah jenis metode penelitian yang digunakan penulis
adalah menggunakan penelitian (library research) yaitu metode untuk
memperoleh data dari jurnal dan buku-buku yang relevan.
Berdasarkan hasil analisis dapat peneliti simpulkan bahwa perkembangan
motorik halus anak penting dalam kehidupan anak, hal ini di karenakan guru
belum menerapkan salah satu langkah dari metode proyek. Penerapan metode
proyek dapat mengembangan nilai kerja sama yang tinggi pada anak TK dapat
digunakan untuk Stimulasi kemampuan motorik halus anak sehingga terjadi
perubahan yang signifikan terhadap anak yang mengalami keterlambatan
motoriknya. Metode pembelajaran proyek dapat meningkatkan motivasi belajar
anak, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, membuat siswa lebih
aktif dan berhasil memecahkan masalah yang bersifat kompleks, mampu
meningkatkan keterampilan siswa untuk mencari dan mendapatkan informasi,
mengembangkan aspek-aspek kolaboratif dari sebuah proyek, serta memberikan
pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi sebuah proyek.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
dapat memperluas informasi berupa pengetahuan untuk dapat menerapkan
penggunakan metode proyek untuk aspek-aspek perkembanganlainnya,
kemampum motorik halus kemapuan koknitif, selanjutnya disarankan dapat
melanjutkan penelitian dengan mengkaji metode-metode lain yang digunakan
untuk meningkatkan motorik halus anak dengan mengunakan metode proyek.
Kata kunci: Metode Proyek dan Motorik Halus
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:42 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7701 |