IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI PETUALANGAN SI UNYIL DI SD NEGERI WARU MRANGGEN

KAUTSAR, ULIL ALFIAN (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI PETUALANGAN SI UNYIL DI SD NEGERI WARU MRANGGEN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ulil Alfian Kautsar.pdf] Text
Ulil Alfian Kautsar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ULIL ALFIAN KAUTSAR. NPM 15120476. “Implementasi Penguatan
Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Petualangan Si Unyil di SD Negeri
Waru Mranggen”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Filia
Prima Artharina, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Prasena Arisyanto, S.Pd.,
M.Pd. November 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bahwa di SD
Negeri Waru Mranggen yang peneliti amati sudah menerapkan atau melaksanakan
gerakan PPK dan literasi digital. Gerakan PPK dan literasi digital tersebut ditandai
dengan sudah adanya penayangan video pembelajaran sebagai kegiatan literasi
awal yang beberapa video tersebut berupa film animasi. Beberapa film animasi
yang di tayangkan adalah Petualangan Si Unyil karena guru menganggap bahwa
pada film animasi Petualangan Si Unyil terdapat nilai-nilai karaker yang sesuai
dengan siswa sekolah dasar, dan nilai-nilai karakter yang muncul sesuai dengan
visi sekolah yaitu “Mencetak Siswa Beriman dan Bertaqwa, Cerdas dalam
Berfikir, Sopan dalam Berperilaku dan Cinta Tanah Air”.
Fokus penelitian ini adalah Apa sajakah nilai karakter yang terdapat
dalam film animasi Petualangan si Unyil? Dan bagaimana implementasi nilai-nilai
karakter dalam film animasi Petualangan si Unyil di SD Negeri Waru Mranggen?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengimplementasi nilai-nilai
karakter yang terdapat dalam film animasi Petualangan Si Unyil.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat yang dipilih dalam penelitian ini adalah
SD Negeri Waru Mranggen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.
Dalam beberapa judul film animasi petualangan si unyil sudah
mengandung lima nilai karakter utama yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri,
Integritas, dan Gotong Royong. Dari adegan yang mengandung lima nilai karakter
utama dan dijadikan angket untuk diisi oleh siswa kelas IIIA dan IIB
mendapatkan hasil angket dengan rata-rata persentase sebesar: nilai Religius
85.4% dan 82,2%, nilai Mandiri 83% dan 82,6%, nilai Integritas 93.4% dan
87,4%, nilai Nasionalis 84% dan 83,4%, dan nilai Gotong Royong 93.6% dan
83,2%. Dari hasil persentase tersebut dapat dikatakan bahwa di SD Negeri Waru
Mranggen sudah mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter pada
peserta didik melalui literasi media salah satunya melalui tayangan film animasi
petualangan si unyil.
Bagi Guru diharapkan mampu menjadi model pendidikan karakter yang
baik bagi peserta didik, karena dalam membentuk karakter peserta didik yang baik
perlu peran dari guru sebagai model karakter. Dan guru supaya bisa tetap memilih
tayangan yang mengandung nilai karakter untuk ditonton peserta didik saat
kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:39
Last Modified: 19 Nov 2024 01:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7697

Actions (login required)

View Item
View Item