AJNIKHAH, ULI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR MABARUNG (MACAM-MACAM BANGUN RUANG) UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Uli Ajnikhah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ULIAJNIKHAH.NPM
15120292.
“Pengembangan
Media
MABARUNG
(Macam-macam Bangun Ruang) Untuk Pembelajaran Matematika Kelas 5
SD”.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Bapak Henry Januar
Saputra, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Ibu Veryliana Purnamasari, S.Pd.,
M.Pd. September. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya minat
siswa dalam pembelajaran matematika khususnya soal cerita. Hal tersebut
dikemukakan oleh guru kelas saat peneliti melakukan wawancara sebelum
melakukan sebuah pengembangan media.menurut penuturan guru siswa ketika
diberi contoh mudah memahami akan tetapi ketika diberi soal siswa cenderung
bingung untuk memamahmi cerita yang ada dalam buku pembelajaran.oleh karena
peneiti menyimpulkan bawa kesulitan siswa disebabkan karena dalam proses
belajar mengajar media yang digunakan masih terbatas sehingga siswa kurang
tertarik dalam pembelajaran hal tersebut menjadi penyebab penelitian ini
dilaksanakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
pengembangan Media MABARUNG yang layak digunakan sebagai media
pembelajaran IPA materi bangun ruang.Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengembangan Media MABARUNG
yang layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi bangun
ruang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reaserch
and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
02 Bugangan yang berjumlah 22 siswa dan siswa kelas III SDN 01 Bugangan
yang berjumlah 10 siswa.
Hasil analisis angket validasi yang dilakukan oleh ahli materi
pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 91,25% yang termasuk dalam
kriteria sangat baik dan validasi ahli media pembelajaran menunjukkan
persentase sebesar 98% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Sehingga media
MABARUNG (Macam-macam Bangun Ruang) layak diterapkan dalam
pembelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V SD. Hasil analisis
angket respon siswa di SDN 02 Bugangan menunjukkan persentase sebesar
96,25% dan di SDN 01 Bugangan menunjukkan persentase sebesar 97,50%,
artinya bahwa media MABARUNG dapat menumbuhkan minat dan
keantusiasan siswa dalam pembelajaran matematika serta dapat mempermudah
siswa dalam memahami soal cerita yang khususnya materi bangun ruang.
Berdasakan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media MABARUNG(Macam-macam Bangun Ruang) ini dapat digunakan
sebagai salah satu media alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:37 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7695 |