YASINTA, GIZA (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED DISCOVERY BERBANTU FUNNY WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GIZA YASINTA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran
Problem Based Learning dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar
Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kaliwungu. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII D eksperimen 1, kelas VIII E
eksperimen 2, VIII F kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random
sampling. Analisis data menggunakan uji anava satu arah, uji scheffe’, dan regresi
linier sederhana. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan rata-rata
nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan Funny Worksheet, Guided Discovery berbantuan Funny
Worksheet dan model pembebelajaran konvensional. (2) hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny
Worksheet lebih baik daripada siswa yang mendapat perlakuan model
pembelajaran konvesional. (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet lebih baik daripada
siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvesional. (4) tidak
terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet dengan model
pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet. (5) terdapat
pengaruh positif antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa yang
mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan
Funny Worksheet. (6) terdapat pengaruh positif antara keaktifan belajar terhadap
hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Discovery
berbantuan Funny Worksheet.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Guided Discovery; Funny Worksheet;
hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:35 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7691 |