PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 2 BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NINGTYAS, ANNISA PURWANI NUR AYU (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 2 BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANNISA PURWANI NUR AYU NINGTYAS.pdf] Text
ANNISA PURWANI NUR AYU NINGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Annisa Purwani Nur Ayu Ningtyas “Penerapan Model Cooperative
Integrated Reading and Composition Pada Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-
Unsur Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 2 Brebes Tahun
Pelajaran 2019/2020”. Skripsi.Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Pembimbing I Dr. Nazla Maharani Umaya, S.S., M.Hum dan Pembimbing II Dr.
Ika Septiana, S.Pd., M. Pd. Oktober 2019.
Kata Kunci : Model Cooperative Integrated Reading and Composition,
Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita
Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan peserta didik dalam membedakan
unsur-unsur dalam teks berita.Melihat kondisi yang seperti ini, perlu diupayakan
suatu
model
pembelajaran
untuk
meningkatkan
peserta
didik
dalam
mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri
2 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 model pembelajaran yang dipakai adalah
Model Cooperative Integrated Reading and Composition.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanapenerapan model
Cooperative
Integrated
Reading
And
Composition
pada
pembelajaran
2 mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs negeri
brebes
tahun
pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan
untuk
mendeskripsikan penerapan model Cooperative Integrated Reading And
Composition pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada
peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Brebes tahun pelajaran 2019/2020.
Pendekatan penelitian ini adalah deksriptif kualitatif.Teknik pengumpulan
data yang digunakandalam peneltian adalah teknik tes dan nontes. Berdasarkan
hasil penelitian model Cooperative Integrated Reading And Compositiondapat
diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita hal
tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata melebihi KKM yang diterapakan
di MTs yaitu 78. Diketahui perolehan rata-rata 93,89. Nilai tertinggi diperoleh
dengan nilai 98, nilai terendah 80.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:34
Last Modified: 19 Nov 2024 01:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7689

Actions (login required)

View Item
View Item