ASTUTI, TYAS PUJI (2020) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI KB-TK A KRISTEN GRATIA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TYAS PUJI ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tyas Puji Astuti. NPM 15150020. “Hubungan Durasi Penggunaan Gadget
Dengan Perkembangan Emosional Anak Di KB-TK A Kristen Gratia”. Skripsi.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Anita Chandra D.S, M.Pd. dan
Pembimbing II Ratna Wahyu P, S.Pd., M.Pd. April 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Durasi waktu anak memainkan gadget
akan sangat mempengaruhi perkembangan anak khususnya pada aspek
perkembangan emosial. Hal ini dikarenakan anak memberikan banyak waktunya
untuk gadget yang ada dihadapannya, jadi anak akan cenderung asyik dengan
dunianya sendiri, fokus bermain gadget, sehingga tidak memperdulikan
lingkungan sekitar yang mungkin menyapa atau mengajaknya berbicara. Dilansir
dari website ala dokter anak usia 2 sampai 5 tahun disarankan mengakses gadget
hanya 1 jam per hari, itupun sebaiknya memang benar-benar mengakses program
yang mampu mengasah perkembangan otak anak.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan durasi
penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak kelompok TK A
di KB-TK Kristen Gratia Semarang ? Adapun tujuan penelitian ini adalah
mengidentifikasi hubungan durasi penggunaan gadget pada anak usia 4-5 tahun di
KB-TK Kristen Gratia Semarang dan mendiskripsikan perkembangan emosional
anak usia 4-5 tahun di KB-TK A Kristen Gratia Semarang
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
assosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan angket atau kuisioner.
Hasil dari penelitian ini adalah kelompok A TK Kristen Gratia dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara durasi penggunaan
gadget dengan perkembangan emosional anak. Hasil uji prasyarat analisis
menunjukkan uji normalitas data yang dikumpulkan berdistribusi normal, dari uji
regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh durasi penggunaan gadget terhadap
perkembangan emosional anak, dan dari hasil uji hipotesis korelasi menunjukkan
ada hubungan yang signifikan antara durasi penggunaan gadget dengan
perkembangan emosional anak.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah untuk meningkatkan
perkembangan emosional anak diperlukan kerjasama antara guru dan orang tua.
Guru hendaknya menjalin komunikasi yang aktif dengan orang tua untuk
meningkatkan perkembangan emosional anak. Penggunaan gadget sangat
mempengaruhi perkembangan emosional anak. Untuk itu hendaknya orang tua
memberikan pengawasan dan batasan waktu maksimal pada anak saat bermain
gadget .
Kata Kunci: perkembangan, emosional anak, penggunaan gadget
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:30 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7685 |