IMPLEMENTASI MEDIA BOLA SPON TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LIMBANGAN

Aji, Ginanjar Wahyu Setya (2020) IMPLEMENTASI MEDIA BOLA SPON TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LIMBANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ginanjar.pdf] Text
Ginanjar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ginanjar Wahyu Setya Aji ” Implementasi Media Bola Spon Terhadap Hasil
Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas VII Di SMP Negeri 1 Limbangan”
fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas
PGRI Semarang. Tahun 2019. Pembimbing I Agus Wiyanto, S.Pd.,M.Pd dan
pembimbing II Pandu Kresnapati, S.Pd.,M.Pd.
Latar Belakang Permasalahan peneliti ini adalah kemampua nilai rata-rata
hasil belajar bola voli rendah, dikarenakan masih bayak siswa yang belum bisa
melakukan teknik dasar passing bawah bola voli dengan benar. rumusan masalah
yaitu Bagaimana implementasi media bola spon terhadap hasil belajar passing
bawah bola voli siswa kelas VII SMP Negri 1 Limbangan dan apakah ada
pengaruh implementasi media bola spon terhadap hasil belajar passing bawah
bola voli pada siswa kelas VII SMP Negri 1 Limbangan . Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi bola spon terhadap hasil
belajar passing bawah bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Limbangan. .
Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental desain dengan macam
desainya adalah Nonequivalent Control Group Desaign pada materi passing
bawah bola voli. Populasi kelas VII SMP Negri 1 Limbangan dengan sempel
kelas VII Semester 1 SMP Negri 1 Limbangan Kendal tahun pelajaran 2019/2020.
Pentuan kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai
kelas eksperimen. untuk mengetahui keadaan awal mengunakan prettest, hasil
prettest yang baik tidak ada perbedaan secara signifikan. kemudian kelas
eksperimen diberi perlakuan dan kelas kontrol diberi perlakuan. Kemudian
keduanya mendapat posttest untuk mengetahui hasil perlakuan yang telah
dilakukan.
Berdasarkann perhitungan nilai posttest kelas eksperimen nilai rata-rata 80
sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata 77. Untuk kedua kelas memiliki persebaran
normal dengann nilai normalitas L0=0,05 <Ltabel 0,200, dan juga kelas dikatakan
homogen X2
hitung=0,121< X2
tabel=18,5128. Uji t satu pihak diperoleh thitung =1,566.
Dari daftar distribusi t dengan db= 32+32-2=62 dan tarafnya 5% diperoleh ttabel=
0,678. Karena thitung>ttabel (1,566>0,678) maka H0 ditolak.
Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa data mengalami peningkatan
bahwa implementasi media bola spon lebih baik dari pada tanpa menggunakan
media bola spon terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas VII SMP
Negri 1 Limbangan. Saran dalam penelitian ini adalah media bola spon ini dapat
dijadikan acuan bagi para guru, dalam hal meningkatkan kemampuan siswa dalam
melakukan passing bawah pada permainan bola voli.
Kata-kata kunci : Hasil Belajar, Media bola spon, Passing bawah bola voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:29
Last Modified: 19 Nov 2024 01:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7682

Actions (login required)

View Item
View Item