Pamungkas, Ginanjar Ghani (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN GERAK DASAR LEMPAR DAN TANGKAP PADA PEMBELAJARAN PENJAS SMP N 3 LIMBANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GINANJAR GHANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Ginanjar Ghani Pamungkas, NPM 15230230, Skripsi, Pengembangan
Permainan Gerak Dasar Lempar Dan Tangkap Pada Pembelanjaran Penjas SMP N
3 Limbangan, Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pembimbing
1 Fajar Ari Widiyatmoko, S.Pd.,M.Pd, dan Pembimbing 2 Pandu Kresnapati
,S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi oleh pengembangan permainan
pembelajaran tangan yaitu lempar tangkap bola di SMP untuk membantu guru
dalam proses pembelajaran karena kurangnya sarana dan prasarana sekolah
dengan menciptakan permainan like ball.
Produk awal pengembangan permainan like ball untuk pembelajaran bola
tangan sebelum uji coba skala kecil perlu divalidasi oleh ahli, validasi dilakukan
dengan cara memberikan desain produk awal permainan like ball dengan disertai
lembar evaluasi untuk ahli bola tangan dan ahli pembelajaran. Lembar evaluasi
berupa kuesioner yang berisi aspek kualitas model permainan dan saran dari ahli
bola tangan dan ahli pembelajaran terhadap produk permainan like ball sebagai
media pembelajaran PJOK SMP.
Penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli bola tangan tentang
kesesuaian
produk
dengan
standar
kompetensi
dan
kompetensi
dasar,karatristik,aktivitas gerak,dan kelayakan permainan yaitu 3,7 masuk dalam
kreteria baik, penilaian ahli pembelajaran penjas tentang keseuaian produk
dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar,karatristik,aktivitas gerak,dan
kelayakan permainan yaitu 3,7 masuk dalam kreteria baik, hasil. tanggapan siswa
dalam minat dan ketertarikan siswa dari hasil kuesioner 82,22% yang berminat
dan tertarik dengan permainan like ball.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini,
maka dapat diambil simpulan bahwa pembelajaran tentang lempar tangkap di
SMP 3 N Limbangan sudah cukup baik namun ada beberapa kekurangan,
kekurangan dan kelemahan saat pembelajaran lempar tangkap yaitu kurangnya
perhatian anak pada saat guru menjelaskan tentang materi pembelajaran, jadi anak
masih bicara sendiri,bermain sendiri, pembelajaran yang efektif dan efisien untuk
gerak lempar tangkap yaitu pengembangan permaianan seperti permainan like
ball, langkah-langkah untuk pengembangan permainan like ball yaitu ada
beberapa tahapan, dimulai dari observasi dan wawancara guru PJOK,membuat
produk awal, validasi ahli,revisi,dan penerapan permainan like ball, permainan
like ball ini dapat di terapkan di SMP N 3 Limbangan dapat dilihat dari minta
siswa terhadpat permianan like ball ini sangat tinggi, penggunaan produk
permainan like ball dapat membantu guru dalam pembelajaran lempar tangkap
pada siswa dan penggunaan produk permainan like ball dapat di terapkan pada
siswa.
Kata kunci :Pengembangan,Permainan Lempar dan Tangkap, Penjas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:24 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7676 |