DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP NILAI KARAKTER PADA FILM JEMBATAN PENSIL

ASTRINIKA, GHONYS (2020) DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP NILAI KARAKTER PADA FILM JEMBATAN PENSIL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of GHONYS ASTRINIKA.pdf] Text
GHONYS ASTRINIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ghonys Astrinika. NPM 16120476 “Daya Tangkap Siswa Terhadap Nilai
Karakter Pada Film Jembatan Pensil”. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Dosen Pembimbing I Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd dan Dosen Pembimbing
II Anggun Dwi Setya Putri, S.Pd., M.Pd Universitas PGRI Semarang 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyimpangan moral pada anak-anak usia
sekolah dasar sehingga perlu adanya pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter
diperlukan untuk membekali mereka dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat agar
menjadi manusia yang berakhlak. Pendidikan karakter dapat diajarkan pada anak sekolah
dasar melalui film berkarakter, namun tetap dalam pengawasan orang tua dan guru dalam
menonton tayangan televisi.
Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji nilai-nilai karakter seperti religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta
damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab yang terdapat dalam film
Jembatan Pensil. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter
religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta
damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab yang terdapat dalam film
Jembatan Pensil.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Digunakannya metode
kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data
yang diperoleh dari fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yang
ada. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi serta metode
simak catat. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan,
peningkatan ketekunan, dan diskusi teman sejawat.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil jika film Jembatan Pensil memiliki
nilai-nilai
karakter
seperti
jujur,
disiplin,
kerja
keras,
toleransi,
mandiri,
bersahabat/komunikatif, semangat kebangsaan, dan peduli sosial. Film ini dapat dijadikan
sebagai wahana pendidikan karakter siswa SD dalam proses pembelajaran disekolah-
sekolah. Pengajaran nilai-nilai karakter melalui film dapat dilakukan dengan cara
menampilkan film Jembatan Pensil pada salah satu pelajaran yang sesuai.
Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat
menjadikan film animasi sebagai wahana dalam mengajarkan pendidikan karakter, bagi
sekolah diharapakan meningkatkan mutu pendidikan karakter melalui film dan bagi
orangtua agar selalu mendampingi serta memilih tayangan yang layak untuk ditonton
anak-anak usia SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:19
Last Modified: 19 Nov 2024 01:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7675

Actions (login required)

View Item
View Item