PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTAK PAS BANGUN RUANG PADA TEMA KEGEMARANKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 1 KARANGASEM KABUPATEN GROBOGAN

DEWANTI, GESTARI AYU (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTAK PAS BANGUN RUANG PADA TEMA KEGEMARANKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 1 KARANGASEM KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Gestari Ayu Dewanti.pdf] Text
Gestari Ayu Dewanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

GESTARI AYU DEWANTI NPM 15120296 “Pengaruh Penggunaan Media
Kotak Pas Bangun Ruang Pada Tema Kegemaranku Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas I SD Negeri 1 Karangasem Kabupaten Grobogan ”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan dan pemahaman
siswa Kelas I SD Negeri 1 Karangasem saat pembelajaran berlangsung karena
jarang sekali menggunakan media pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang
nyata dan kurang menarik. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran Kotak
Pas Bangun Ruang, siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga
merasa senang dan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan diharapkan
tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah media kotak pas
bangun ruang pada tema kegemaranku dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas I SDN 1 Karangasem Kabupaten Grobogan.Tujuan yang dicapai
adalahmendeskripsikan Pengaruh Media Kotak Pas Bangun Ruang pada Tema
Kegemaranku terhadap hasil belajar siswa kelas I SDN 1 Karangasem Kabupaten
Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk
One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas I SDN 1 Karangasem Kabupaten Grobogan. Sampel yang diambil adalah
siswa dari kelas I SDN 1 Karangasem Kabupaten Groboganyang berjumlah 14
orang dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan
jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes,
dokumentasi dan wawancara.
Hasil belajar siswa kelas III menggunakanMedia Kotak Pas Bangun Ruang
pada Tema Kegemaranku, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 56,43 dengan
nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 40. Nilai rata-rata posttest sebesar 75,36
dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 55. Berdasarkan hasil perhitungan
data akhir nilai posttest diperoleh Lhitung = 0,1451 dengan n = 14 dan taraf nyata α
= 0,05 atau 5% dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel =0,227, karena Lhitung < Ltabel
yaitu 0,1451< 0,227 maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa
sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Dari data hasil pretest dan
posttest memenuhi kriteria pengujian karena keduanya berdistribusi normal
.Berdasarkanuji-t diperoleh thitung > ttabelyaitu16,466>1,771. Dengandemikian H0
ditolakdan Haditerima.
Kata Kunci: Kotak Pas Bangun Ruang, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:15
Last Modified: 19 Nov 2024 01:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7674

Actions (login required)

View Item
View Item