Prayoga, Muhammad Fahmi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PASSING ATAS & PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS XI SMAN 15 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Muhammad Fahmi Prayoga.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Muhammad Fahmi Prayoga. “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Pasing Atas dan Pasing Bawah Bola Voli Siswa
Kelas X SMAN 15 Semarang 2020”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum bisa
melakukan pasing atas dan pasing bawah bola voli, oleh karena itu perlu adanya
perbaikan dalam model pembelajaran di SMAN 15 Semarang. Rumusan masalah
pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap hasil pembelajaran pasing atas dan pasing bawah bola
voli siswa kelas X-IPA SMAN 15 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar Pasing Atas dan Pasing Bawah Bola Voli
Siswa Kelas X SMAN 15 Semarang 2020.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif
dengan jenis model penelitian Quasi Eksperimen. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas X IPA 3 dan 4 SMAN 15 Semarang menggunakan teknik sampel
Purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan uji paired sample-t-
test dengan taraf signifikan 5%.
Hasil Penelitian dari 20 siswa kelas X IPA 3 (Pasing Bawah) dan 20 siswa kelas
X IPA 4 (Pasing Atas) diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar pasing
atas dan pasing bawah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning. Kenaikan kelas pasing atas sebesar 16%. Kenaikan Kelas pasing bawah
sebesar 17%.
Simpulan penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar pasing atas dan
pasing bawah melalui model pembelajaran Problem Based Learning di SMAN 15
Semarang dikarenakan dalam penggunaan model pembelajaran ini siswa di beri
kebebasan dalam belajar. Saran, penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning baik digunakan pada tingkat Sekolah Menengah Atas terutama pada
Siswa kelas X SMAN 15 Semarang, dikarenakan model pembelajaran ini lebih
menekankan kepada kebebasan siswa dalam belajar.
Kata Kunci: model pembelajaran, hasil belajar, bola voli
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:30 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7672 |