PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES MATERI HAND STAND PADA SISWA KELAS X SMA NUSA BHAKTI SEMARANG

Tiyanto, Gegef Adi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASORKES MATERI HAND STAND PADA SISWA KELAS X SMA NUSA BHAKTI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Gegef Adi Tiyanto.pdf] Text
Gegef Adi Tiyanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gegef Adi Tiyanto. ― Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Problem
Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Materi Hand
Stand Pada Siswa Kelas X SMA Nusa Bhakti Semarang‖. Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2019.
Kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan gerakan hand stand
senam lantai karena disebabkan siswa kurang menguasai gerakan dasar dengan
pembelajaran senam lantai. Dengan rumusan masalah yaitu mengetahui apakah
ada peningkatan hasil belajar hand stand setelah diberikan pembelajaran dengan
menerapkan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas X SMA
Nusa Bhakti Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil
belajar penjasorkes pada senam lantai hand stand .
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Pretest-
Posttet Pre Experimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa
dengan 1 kelas kontrol yaitu kelas X IPS 1 yang siswa 18 laki-laki dan 9
perempuan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t yang
diolah dengan bantuan software SPSS 16.
Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar hand stand melalui penerapan
pembelajaran problem based learning kelas X IPS 1, diketahui bahwa nilai sig
Sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan
hasil belajar hand stand sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan
ststistik diskriptif, diperoleh nilai rata-rata senam lantai hand stand sebelum diberi
perlakuan sebesar 73,15 dan setelah diberi perlakuan sebesar 85,33. Diperoleh
kenaikan nilai hasil belajar senam lantai hand stand 16%. Dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) efektif meningkatkan
hasil belajar hand stand.
Simpulan dan saran: Dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif
problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar penjasorkes materi
hand stand pada siswa kelas X Sma Nusa Bhakti Semarang, Serta saran yang
dapat disampaikan adalah dalam kegiatan pembelajaran dikelas sebaiknya guru
dapat menerapkan model atau media sebagai kegiatan inovasi yang lebih kreatif
serta dapat menciptakan model-model pembelajaran yang unik, menarik dan
menyenangkan agar tidak membuat siswa cepat bosan dan jenuh dalam
pembelajaran.
Kata kunci: problem based learning, hasil belajar, hand stand

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:28
Last Modified: 18 Nov 2024 08:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7671

Actions (login required)

View Item
View Item