KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO METAL GEGANA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD IT AL UMMAR KABUPATEN MAGELANG

AL-MULK, MUHAMMAD DZULFIQAR JODDY (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO METAL GEGANA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD IT AL UMMAR KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MUHAMMAD DZULFIQAR JODDY AL-MULK.pdf] Text
MUHAMMAD DZULFIQAR JODDY AL-MULK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MUH. DZULFIQAR JODDY AM. NPM 16120361 “Keefektifan Media
Pembelajaran Video Metal Gegana pada Model Problem Based Learning
terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IT Al Ummar Kabupaten Magelang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Mitigasi bencana sangat diperlukan untuk menanggulangi bencana alam.
SD IT AL Ummar Kabupaten Magelang termasuk wilayah lereng Gunung
Merapi, untuk itu pengetahuan tentang mitigasi bencana harus diberikan kepada
perserta didik dengan mengintegrasikan ke dalam materi pembelajaran. Oleh
karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Media
Pembelajaran Video Metal Gegana pada Model Problem Based Learning
terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IT Al Ummar Kabupaten Magelang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang
digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pretest
Posttest Desaign. Hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai posttest rata-rata
nilai 75 terdapat 18 peserta didik tuntas dan 5 peserta didik tidak tuntas dengan
ketuntasan klasikal 78% diperoleh thitung = 5,8834. Dari daftar distribusi t dengan
taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,023. Karena kriteria Ha diterima apabila
thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis statistik Ha diterima,
artinya penggunaan media pembelajaran bencana dengan model pembelajaran
PBL (Problem Based Learning) efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas V SD IT Al Ummar Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:27
Last Modified: 18 Nov 2024 08:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7669

Actions (login required)

View Item
View Item