ANALISIS PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA NILAI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN PATI

JOLIE, ANJELINA (2019) ANALISIS PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA NILAI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANJELINA JOLIE.pdf] Text
ANJELINA JOLIE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Anjelina Jolie. NPM 15120075. “Analisis Penggunaan Game Online
Pada Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Pati”. Skripsi.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
I Fajar Cahyadi, M.Pd., Dosen Pembimbing II M. Yusuf Setia Wardana,
M.Pd., Agustus. 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku konsumtif anak bangsa
dalam game online yang sekarang seakan menjadi kebiasaan umum hingga
melupakan kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar.
Dampak negatif yang diberikan game online pun berpengaruh pada nilai
karakter siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai karakter
pada siswa di SD Negeri Sidokerto 01 Pati, SD Negeri Puri 02 Pati dan SD
Negeri Winong 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan bagaimana karakter siswa yang gemar atau kencaduan
bermain game online di SD Negeri Sidokerto 01 Pati, SD Negeri Puri 02
Pati dan SD Negeri Winong 01 .
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini diperoleh dengan mengamati dan melakukan wawancara
kepada siswa dan guru kelas. Data dalam penelitian ini ialah indikator nilai
karakter, menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi,
wawancara,
angket
dan
dokumentasi.
Data
dianalisis
dengan
mendeskripsikan dan menelaah nilai karakter siswa yang penulis peroleh
melalui
data
wawancara,
angket
dan
dokumentasi.
Selanjutnya
menyimpulkan hasil Analisis Penggunaan Game Online Pada Nilai
Karakter Siswa Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari analisis, kecanduan
bermain game online sangat berpengaruh pada karakter siswa terutama pada
nilai karakter disiplin dan tanggung jawab. Sementara pada nilai peduli
sosial, dampak game online tidak begitu signifikan.
Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu orang tua harus mengawasi
anak agar tidak kecanduan dalam bermain game online dan memberi
batasan waktu ketika anak sedang bermain agar tidak melalaikan tugasnya
sebagai seorang pelajar. Selain orang tua, guru juga perlu memonitor
siswanya di sekolah agar dapat bertukar informasi dengan orang tua siswa
tentang perkembangan anaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:22
Last Modified: 18 Nov 2024 08:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7662

Actions (login required)

View Item
View Item