PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 3 REMBANG

Yulianto, Gamma Rahmat (2020) PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 3 REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Gamma Rahmat Yulianto.pdf] Text
Gamma Rahmat Yulianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman kurikulum,
kepemimpinan kepala sekolah, sarana dan prasarana terhadap kinerja guru di MTS
Negeri 3 Rembang. Adapun variabel bebas adalah pemahaman kurikulum (X1)
kepemimpinan kepala sekolah (X2) sarana dan prasarana (X3) dan variabel terikat
adalah kinerja guru (Y).
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dan karyawan MTS Negeri 3
Rembang sebanyak 47 orang. Teknik sampling yang digunakan digunakan
penelitian ini adalah penyebaran kuisioner yakni teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis
kepada responden untuk dijawabnya.
Hasil penelitian pada analisis regresi diperoleh persamaan regresi secara
matematis yakni Y = Y’ = 8,327 + 0,211 X1 + 0,268 X2 + 0,339 X3,
menunjukkan bahwa nilai konstanta dan koefisien regresi pada masing-
masing variabel bernilai positif. Nilai signifikan pada uji F diperoleh sebesar
0,000 < 0,05 sehingga secara simultan berpengaruh signifikan, Ho ditolak dan Ha
diterima. Pada pengujian secara parsial (uji t) untuk variabel pemahaman
kurikulum (X1) diperoleh nilai signifikan 0,007 < 0,05. Kepemimpinan kepala
sekolah (X2) diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 Dan sarana dan prasarana
(X3) diperoleh nilai signifikan 0,014 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
masing – masing variabel bebas (X) secara parsial berpengaruh secara signifikan
terhadap variabel terikat kinerja guru (Y), Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan
dalam
penelitian
ini
adalah
pemahaman
kurikulum,
kepemimpinan kepala sekolah, dan sarana dan prasarana terhadap pemahaman
kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan, baik secara simultan maupun
parsial.
Kata
kunci:
Pemahaman
Kurikulum , Kepemimpinan Kepala
Sekolah, Sarana Dan Prasarana dan Kinerja guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:22
Last Modified: 18 Nov 2024 08:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7661

Actions (login required)

View Item
View Item