EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN PROBLEM SOLVING BERBANTU CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SOAL CERITA

Ningsih, Tri Rahayu (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN PROBLEM SOLVING BERBANTU CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SOAL CERITA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Tri Rahayu Ningsih.pdf] Text
Tri Rahayu Ningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dan Problem Solving berbantuan CD
Interaktif terhadap kemampuan pemahaman soal cerita matematika, terdapat atau
tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara
penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI),
model pembelajaran Problem Solving dan pembelajaran Konvensional dengan
metode ceramah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Pakis Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan menggunkan cluster random sampling
diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1(pembelajaran dengan model
SAVI berbantu CD Interaktif), VIII B sebagai kelas eksperimen 2 (pembelajaran
dengan model Problem Solving berbantu CD Interaktif) dan VIII C sebagai kelas
kontrol (pembelajaran konvensional dengan metode ceramah). Hasil analisis yang
diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen, dan uji anava
diperoleh yaitu yang artinya terdapat perbedaan
kemampuan pemahaman soal cerita matematika antara ketiga kelas. Pada uji
hipotesis kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol diperoleh
yaitu 3,205 > 1,699 dan uji hipotesis kelas eksperimen 2 dengan kelas
kontrol diperoleh yaitu 3,309 > 1,697 maka Ho ditolak. Untuk
uji hipotesis kelas eksperimen 1 dengan eksperimen 2 diperoleh
yaitu 0,212 < 1,695 maka Ho diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI)
berbantuan CD Interaktif dan model pembelajaran Problem Solving berbantuan
CD Interaktif lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode
ceramah.
Kata kunci : model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visal Intelektual),
model pembelajaran Problem Solving, media CD Interaktif, kemampuan
pemahaman soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:19
Last Modified: 18 Nov 2024 08:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7657

Actions (login required)

View Item
View Item