MULYANINGTIYAS, TRI (2020) PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMATIK KELAS V SDN GOMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TRI MULYANINGTIYAS_16120033.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tri Mulyaningtiyas. NPM 16120033. “Penerapan Model Two Stay Two Stray
Berbantu Media Flip Chart Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tematik
Kelas V SDN Gombang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang 2020. Dosen Pembimbing I Bapak Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd
dan Dosen Pembimbing II Ibu Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Gombang. Hal tersebut disebabkan
karena metode pembelajaran ceramah dan diskusi kelompok yang selama ini
digunakan guru belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk dapat
meningkatkan hasil belajar, perlu diubah dengan menggunakan model
pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media Flip Chart agar siswa lebih
menarik dan mampu melakukan kerjasama yang baik dalam pembelajaran. Pada
saat peneliti melakukan observasi dalam proses belajar masih rendah dan masih
cenderung bergaul homogen.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Hasil belajar siswa di kelas V
tergolong rendah pada pembelajaran Tematik yang masih di bawah nilai KKM
yaitu 75. Hal ini ditunjukan pada data nilai dari SDN Gombang. 2) Kurangnya
penggunaan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik. Guru masih
menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. 3) Kurangnya kerja
sama antar siswa dan cenderung homogen. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
tematik yang masih dibawah KKM 75 serta untuk mengetahui manfaat
pembelajaran Two Stay – Two Stray berbantu media Flip Chart dalam
pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Gombang.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif yaitu mengambil data
siswa dengan menggunakan pretest, perlakuan dan posttest. Populasi yang
digunakan oleh Peneliti adalah Siswa SDN Gombang. Total Populasinya adalah
19 siswa. Peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas V sebagai sampel penelitian
dengan jumlah siswa 19. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, dokumentasi dan test.
Diketahui nilai terendah dan nilai tertinggi saat diberikan posttest, bahwa nilai
terendah posttest kelas V yaitu 52 dan nilai tertinggi adalah 100. Hal ini dapat
dibuktikan dengan ketuntasan klasikal siswa yaitu sebanyak 89 % atau 17 siswa
yang mendapatkan nilai diatas KKM, sedang siswa yang tidak tuntas hanya 2
siswa atau 11% dari keseluruhan.
Berdasarkan hal tersebut saran yang dapat disampaikan adalah Model
Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan berbantu media Flip Chart dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci : Two Stay Two Stray, Flip Chart, Tematik, Ketuntasan Klasikal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7655 |