TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA RADIO KOTA BATIK PEKALONGAN PERIODE TAHUN 2019/2020

SYARIF, MUHAMMAD ANANG (2020) TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA RADIO KOTA BATIK PEKALONGAN PERIODE TAHUN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Muhammad Anang Syarif 16410118.pdf] Text
Muhammad Anang Syarif 16410118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Anang Syarif. NPM 16410118. ―Tindak Tutur Representatif
dalam Iklan Layanan Masyarakat Radio Kota Batik Pekalongan Periode Tahun
2019/2020.‖ Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Ngatmini, M.Pd. dan Pembimbing II Rawinda Fitrotul
Mualafina, S.S., M.A.
Kata kunci: Tindak tutur representatif, pragmatik, radio, tindak tutur radio.
Dalam penelitian ini dibahas tentang tindak tutur representatif pada iklan
layanan masyarakat yang terdapat di radio Kota Batik Pekalongan. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis tindak tutur representatif yang
terdapat pada iklan layanan masyarakat radio kota Batik Pekalongan dan
bagaimana fungsi-fungsi tindak tutur representatif yang terdapat pada iklan
layanan masyarakat radio kota Batik Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah menganalisis tindak tutur representatif pada iklan layanan masyarakat
dan mengemukakan jenis tindak tutur apa sajakah pada iklan layanan masyarakat
pada Radio Kota Batik Pekalongan Periode Tahun 2019/2020.
Penelitian ini merupakan kualitatif deskripsi. Subjek dari penelitian adalah
radio Kota Batik Pekalongan. Penelitian kualitatif digunakan sebagai analisis
serta mendeskripsi peristiwa, sikap, kepercayaan, presepsi, pemikiran secara
individu ataupun secara kelompok. Iklan layanan masyarakat dianalisis guna
mendapatkan tuturan yang mengandung tindak tutur representatif. Selanjutnya, di
lakukan dengan metode analisis kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan tuturan
yang mengandung tindak tutur representatif pada iklan layanan masyarakat, baik
bentuk maupun fungsinya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
sadap. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih. Dan teknik
penyajian hasil data yang digunakan dalam penelitian iniyaitu pendeskripsian
berupa kalimat.
Hasil penelitian tindak tutur representatif pada radio kota Batik
Pekalongan terdapat lima jenis tuturan representatif. Kelima jenis tuturan tersebut
ialah memberitahukan, mengakui, perintah, menyebutkan, dan menyatakan.
Adapun fungsi dari tuturan representatif pada iklan layanan masyarakat terdapat
fungsi yang memberitahukan informasi yang terkandung dalam iklan layanan
masyarakat sebagai bahan informasi kepada pendengar supaya analisis fungsi
lebih jelas dan memahami. Selain itu, diketahui juga bahwa tindak tutur-tindak
tutur yang mengandung beberapa fungsi, yaitu fungsi representasional, fungsi
personal, fungsi interaksional, fungsi heuristik, dan fungsi regulasi.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah untuk menambah pengetahuan
mengenai tindak tutur representatif dan menerapkan kaidah kepada pembaca
penelitian ini. Bagi penyiar radio sebaiknya iklan layanan masyarakat dapat
memberikan informasi dengan menggunakan bahasa yang bisa diterima oleh
masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:15
Last Modified: 18 Nov 2024 08:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7649

Actions (login required)

View Item
View Item