MAWARDAH, TRI (2019) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI BUKU PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Tri mawardah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tri Mawardah. NPM 15410076. “Penerapan Metode Survey, Question,
Read, Recite, Review (SQ3R) dalam Pembelajaran Menulis Resensi Buku pada
Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Kendal Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Arisul Ulummuddin, S.Pd., M.P.d., dan Pembimbing II Dr. Siti
Fatimah, M.Pd. Agustus 2019.
Kata kunci: Penerapan, metode SQ3R dan resensi Buku.
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis resensi buku pada
peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Kendal yang masih rendah. Melihat kondisi
seperti itu, perlu diupayakan penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran
menulis resensi buku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakan penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)
dalam pembelajaran menulis resensi buku pada peserta didik kelas X SMK Negeri
2 Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan penerapan metode Survey, Question, Read, Recite, Review
(SQ3R) dalam pembelajaran menulis resensi buku pada peserta didik kelas X
SMK Negeri 2 Kendal tahun pelajaran 2018/2019.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 2
Kendal , yaitu kelas X dengan sampel peserta didik kelas X TKRO 1 berjumlah
36. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik tes dan nontes.
Tes yang digunakan adalah tes mengerjakan soal yang berkaitan dengan
pembelajaran resensi buku. Teknik nontes berupa observasi, angket dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 2
Kendal , metode SQ3R dalam pembelajaran resensi buku berhasil diterapkan. Hal
tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 78 dari nilai KKM
disekolah yaitu 75 karena presentase yang dicapai dalam kategori sangat baik
menunjukkan 40%, kategori baik ada 40% sedanngkan kategori cukup 13,3% dan
kategori kurang 6,67%.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru pengampu mata pelajaran
bahasa Indonesia khususnya dalam materi resensi buku hendaknya menggunakan
metode pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan agar peserta didik
tidak merasa bosan dan lebih semangat dalam belajar. Selain itu, peserta didik
disarankan untuk lebih giat belajar, lebih aktif, berani, jujur, peduli, disiplin,
kreatif serta saling menghargai dengan baik dengan peserta didik ataupun guru
dikelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:13 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7648 |