MARDANI, TRI (2019) PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Tri Mardani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai belajar pada siswa
kelas VIII C SMP Institut Indonesia Semarang, khususnya dalam menulis teks
Eksposisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Melihat kondisi seperti itu perlu
diupayakan penerapan model tertentu untuk meningkatkan keterampilan menulis
teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII C SMP Institut Indonesia Semarang.
Model yang diterapkan adalah metode Circuit Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model
Circuit Learning dalam pembelajaran mengkonstruksi cerita menulis teks
eksposisi Tahun Ajaran 2019/2020? Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penerapan model Circuit Learning dalam pembelajaran menulis
teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII C SMP Institut Indonesia Semarang
tahun pelajaran 2019/2020.
Metode penelitian dalam skripsi ini digunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII
SMP Institut Indonesia Semarang tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VIII C yang diambil secara pertimbangan tertentu
(purposive sampling). Dari pengumpulan data yang dilakukan dengan dua teknik
analisis data yaitu bentuk tes dan nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara
memberikan tes menulis teks eksposisi dengan tema kebakaran hutan. Teknik
nontes dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket.
Hasil penerapan model Circuit Learning pada pembelajaran teks eksposisi
yang diawali dengan sesi Tanya jawab mengenai peta konsep kemudian
menyampaikan gagasan pokok sesuai peta konsep yang sudah ditempel dapat
disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterapkan dengan melihat hasil tes
menulis teks eksposisi dan hasil nontes berupa angket, observasi, dokumentasi,
dan wawancara. Nilai rata-rata yang diperoleh dalam pembelajaran menulis teks
eksposisi model Circuit Learning yaitu 78,8 yang termasuk kategori baik. Dari
keseluruhan jumlah peserta didik yaitu 28, terdapat 75% yang telah memenuhi
nilai KKM yaitu 75. Model Circuit Learning membuat peserta didik lebih antusias
dalam mengikuti pembelajaran, dapat memudahkan peserta didik dalam menulis,
memudahkan peserta didik dalam mengembangkan gagasan dan tentunya mampu
menyampaikan struktur teks eksposisi secara menyeluruh.
Kata kunci : penerapan, menulis teks eksposisi, model Circuit Learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:11 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7647 |