LESTARI, TRI (2020) PEMBELAJARAN DEMOKRASI MELALUI PARTISIPASI KEORGANISASIAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TRI LESTARI 16210001.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (711kB)
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pembelajaran demokrasi melalui partisipasi
keorganisasian” di latar belakangi oleh pentingnya partisipasi yang di lakukan
oleh siswa di sekolah dalam kegiatan keorganisasian. Dengan ikut aktif dalam
kegiatan organisasi di sekolah dapat meningkatkan jiwa demokrasi siswa, karena
dalam kegiatan organisasi banyak di tanamkan nilai-nilai demokrasi. Kegiatan
keorganisasian juga berperan dalam mengembangkan bakat,minat,dan potensi
yang di miliki oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana
hubungan
partisipasi
siswa
dalam
keorganisasian
dengan
pembelajaran demokrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh hubungan partisipasi siswa dalam keorganisasian dengan pembelajaran
demokrasi.
Metode penelitian yang digunakan adalahkepustakaan (library research)
dengan
fokus
penelitian
Pembelajaran
demokrasi
melalui
partisipasi
keorganisasian, dengan indikator sebagai berikut : 1) Pembelajaran Demokrasi,
2)Partisipasi Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi siswa
dalam mengikuti kegiatan keorganisasian. Metode pengumpulan data yang
digunakan meliputi pencarian kata kunci, mencari buku,artikel,karya ilmiah, dan
abstrak. Metode analisis melalui pengumpulan data,penyajian data, analisis data
dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Kegiatan
keorganisasian sangat berpengaruh besar pada sikap demokrasi siswa, karena
dalam kegiatan organisasi siswa secara langsung belajar yang ada dalam nilai-
nilai demokrasi, 2) Kegiatan keorganisasian menjadi wadah untuk siswa dalam
mengembangkan bakat,minat,dan potensi yang di miliki oleh siswa, 3) Di dalam
kegiatan keorganisasian siswa tidak hanya belajar berdemokrasi tapi juga siswa
belajar menjadi seorang pemimpin di sebuah forum.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan keorganisasian sangat
berpengaruh pada pembelajaran demokrasi . Dengan mengikuti kegiatan
keorganisasian siswa dapat menerapkan nilai-nilai demokrasi di dalam kehidupan
sehari-hari ,di sekolah, dan di dalam keluarga, dalam kegiatan keorganisasian
siswa di ajarkan memiliki sikap demokrasi, rasa percaya diri, bekerjasama alam
team dengan baik, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Saran untuk peniliti yang
sudah lebih dulu melakukan penelitian , untuk bisa menjelaksan bagaimana cara
mengatasi rasa kurang percaya diri pada siswa sehingga enggan mengikuti
kegiatan keorganisasian.
Kata kunci :Pembelajaran demokrasi, keorganisasian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:09 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7646 |