Lestari, Tri (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR BERORIENTASI PERATURAN DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD NO. 07/D.D5/KK/2018. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TRI LESTARI 15220108.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tri lestari, “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata
Pelajaran
Akuntansi
Dasar
Berorientasi
Peraturan
Dirjen
Dikdasmen
Kemendikbud No. 07/D.D5/KK/2018”, Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan regulasi Permendikbud
Dikdasmen No. 07/D.D5/KK/2018 yang menyebabkan RPP pada Mata Pelajaran
Akuntansi Dasar ikut mengalami perubahan. Masalah yang timbul di sekolah
yaitu guru masih banyak yang menganggap bahwa RPP hanya sebagai syarat
administrasi yang harus dipersiapkan untuk kepentingan pengawas sekolah
bukan untuk kepentingan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Akuntansi Dasar berorientasi Peraturan
Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 07/D.D5/KK/2018. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
kepustakaan (library research). Subyek dalam penelitian ini yakni kurikulum
2013, silabus, RPP, dan Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No.
07/D.D5/KK/2018 dan Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No.
464/D.D5/KR/2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, keabsahan data pada
penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah
pengembangan RPP Mata Pelajaran akuntasi dasar selama 1 semester yang
sesuai dengan Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No 07/D.D5/KK/2018.
Langkah-langkah pengembangan RPP terdiri dari 1) menganalisis Silabus; 2)
menentukan Identitas Sekolah, Identitas Mata Pelajaran; 3) Menetukan
Kelas/Semester; 4) Menentukan Materi Pokok; 5) Menentukan Alokasi Waktu;
6) menyusun Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi; 7)
menyusun materi pembelajaran; 8) menentukan Metode, Media Pembelajaran
dan Sumber Belajar; 9) menyusun langkah-langkah pembelajaran; 10)
melakukan Penilaian Hasil Pembelajaran 11) menyusun Jobsheet dan Soal
Remidial. Dalam penelitian ini terdapat komponen RPP yang berbeda seperti
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, penilaian sikap dan
keterampilan, dan lampiran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan penyusunan RPP yang dibuat oleh guru dan peneliti.
Kata kunci: Pengembangan, RPP, Mata Pelajaran, Akuntansi Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:07 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7645 |