PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD N. MUKTIHARJO 01 - PATI

Ridlo, Muhammad Ali (2020) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD N. MUKTIHARJO 01 - PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MUHAMMAD ALI RIDLO.pdf] Text
MUHAMMAD ALI RIDLO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman para siswa pada mata pelajaran
Matematika di Sekolah Dasar, salah satuya disebabkan siswa kurang begitu tertarik dengan
pembelajaran yang bersifat konvensional dan cenderung merasa jenuh dengan materi Matematika
serta bingung untuk mempelajarinya, hal ini akan berdampak pada hasil akhir pembelajaran yang
rata – rata kurang memuaskan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang
bertujuan untuk mengetahui aplikasi Game Edukasi Matematika berbasis Augmented Reality valid,
praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran Matematika. Di harapkan aplikasi ini dapat
menunjang pembelajaran Matematika di kelas sehingga bisa meningkatkan proses belajar para siswa
dalam melaksanakan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
waterfall dengan tahapan yaitu Requirement Analysis, System Design, Implementation, Integration
and System Testing, dan Operation and Maintenance. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil
validasi ahli dengan di lihat dari persentase oleh ahli media sebesar 86,66%, ahli materi sebesar
92,85% dan ahli desain pembelajaran sebesar 90% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi
Augmented Reality sangat valid. Hasil angket respon siswa sebesar 93,4% yang artinya sangat baik
sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Game Edukasi berbasis Augmented Reality praktis
digunakan. Berdasarkan pengambilan keputusan melalui nilai signifikansi Ternyata thitung > ttabel
yaitu 2,973659843 > 1,71714 maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar siswa. Dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 78,33 lebih tinggi dari kelas
kontrol sebesar 68,26. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Game edukasi Matematika berbasis
Augmented Reality ini efektif digunakan.
Kata kunci: Game Edukasi, Augmented Reality, Matematika, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 08:12
Last Modified: 18 Nov 2024 08:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7644

Actions (login required)

View Item
View Item