DIANA, GABRELA LADY (2020) KESALAHAN EJAAN PADA TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
GABRELA LADY DIANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Gabrela Lady Diana.15410235.Kesalahan Ejaan pada Teks Eksplanasi
Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Welahan Jepara Tahun Pelajaran
2019/2020.Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Eva Ardiana Indrariani S.S., M.Hum dan pembimbing II
Dra. H.R. Utami, M.Hum. 2020.
Kata Kunci: kesalahan ejaan, teks eksplanasi
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan menulis pada peserta
didik kelas kelas XI SMA Negeri 1 Welahan Jepara, kesalahan menulis karangan
terjadi karena beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya (1) Peserta didik kurangan
menguasai keterampilan menulis, akhirnya hanya untuk memenuhi persyaratan
penilaian saja. (2) Peserta didik tidak dibiasakan mengembangkan paragraf. Oleh
karena itu, peserta didik masih kesulitan untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk
tulisan terutama teks eksplanasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk
kesalahan ejaan pada teks ekplanasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Welahan
Jepara tahun pelajaran 2019/2020? Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan pada teks eksplanasi peserta didik kelas XI
SMA Negeri 1 Welahan Jepara tahun pelajaran 2019/2020.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam analisis ini adalah metode
simak dengan teknik catat. Metode simak dilakukan dengan menyimak penggunaan
bahasa, sedangkan teknik catat adalah pencatatan yang dilakukan pada kartu data
yang dilanjutkan dengan klasifikasi. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode agih, teknik yang dipakai adalah teknik ganti atau sisip.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan ejaan pada teks eksplanasi
peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Welahan Jepara tahun pelajaran 2019/2020,
meliputi: (i) kesalahan pemakaian huruf, (ii) kesalahan penulisan kata, (iii) kesalahan
pemakaian tanda baca.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya mengajarkan
pembelajaran menguasai teks, salah satunya menulis karangan teks eksplanasi
disertai evaluasi dengan memperhatikan teks ejaan yang sesuai kaidah bahasa
Indonesia yang baik dan benar.Guru hendaknya memberi pengarahan kepada peserta
didik bagaimana penulisan huruf kapital yang benar sesuai PUEBI.Guru hendaknya
mengajarkan jenis-jenis kesalahan ejaaan sesuai PUEBI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:42 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7637 |