HAFIZH, MUHAMMAD ABDUL (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Muhammad Abdul Hafizh.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
MUHAMMAD ABDUL HAFIZH.NPM. 13120027. “Pengembangan media
interaktif berbasis Macromedia flash 8 pada Tema Indahnya Negeriku kelas IV
Sekolah Dasar”. Skripsi.Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Fine Reffiane,S.Pd.,
M.Pd. Pembimbing II Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd. 2018.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik
pengembangan media interaktif berbasis Macromedia flash 8 yang memenuhi
kriteria valid dan praktispada tema Indahnya Negeriku kelas Iv Sekolah
Dasar?Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
karakteristik dan mengembangkan media interkatif berbasis Macromedia flash 8
yang memenuhi kriteria valid dan praktis pada tema Indahnya Negeriku kelas IV
Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R & D).Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan
prosedur model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation).Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media interaktif
berbasis Macromedia flash 8. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVdi SD N
Ngesrep 02 Semarang sebanyak 28 siswa.
Pengolahan data diambil dari validasi tiga ahli materi dan ahli media, angket
respon siswa serta angket respon guru. Hasil rata-rata validasi oleh ahli materi
yaitu 83,65% Sangat layak digunakan, validasi ahli media yaitu 85,83% sangat
layak digunakan, angket respon siswa 93,89% sangat layak digunakan, angket
respon guru 92,5% sangat layak digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa media
interaktif berbasis Macromedia flash 8 valid dan praktis digunakan pada tema
“Indahnya Negeriku” subtema “Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan”
pembelajaran 4 untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat
menciptakan media yang bervariasi untuk menarik minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:50 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7636 |