Azzahro, Aisyah (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF BUFF (BUILD UP FAMILY) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 63 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AISYAH AZZAHRO 19150005.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
AISYAH AZZAHRO, 19150005, “ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM
SOLVING MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF BUFF (BUILD UP
FAMILY) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 63 SEMARANG”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Muniroh
Munawar, S.Pi., M.Pd. Pembimbing II Mila Karmila S.Pd., M.Pd. 2023.
Konteks penelitian yang melatarbelakangi penelitian adalah kemampuan
problem solving pada anak belum mampu mengerjakan tugas secara mandiri dan
terbatasnya media pembelajaran yang dimiliki pihak lembaganya. Media
pembelajaran masih mendominasikan dengan media buku tulis, majalah dan
papan tulis. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisa kemampuan problem
solving melalui permainan konstruktif BUFF pada anak usia 5-6 tahun di TK
PGRI 63 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang
dilakukan dengan memberikan gambaran apa adanya sesuai dengan data dan fakta
dilapangan tentang kemampuan problem solving melalui penggunaan media
permainan konstruktif BUFF. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari 4April
2023 sampai 31 Mei 2023. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK
PGRI 63 Semarang yang berjumlah 6 anak yang terdiri dari 3 laki-laki dan 3
perempuan. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah permainan konstruktif BUFF dengan
pendekatan STEAM dapat menjadi sarana yang efektif dalam mengembangkan
kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 63 Semarang.
Terdapat beberapa karakteristik problem solving yaitu mengamati masalah,
mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi dan mengolah informasi,
memahami dan menganalisis masalah, merencanakan dan menyelesaikan masalah
sesuai rencana, mengevaluasi dan mengkomunikasikan serta melakukan
pengecekan kembali.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah
penggunaan permainan konstruktif BUFF dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemampuan
problem solving pada anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:21 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/763 |