ROHMAH, ANISATUR (2020) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANISATUR ROHMAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ANISATUR ROHMAH. NPM 16120307. “Pengembangan E-Magazine Berbasis
Android dalam Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Ikha
Listyarini, S.Pd., M.Hum. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah
kurangnya media dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sekolah dasar
terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan
pengembangan E-Magazine Berbasis Android subtema 2 pentingnya makanan
sehat bagi tubuh yang layak digunakan sebagai media pembelajaran?, 2)
Bagaimana kepraktisan peserta didik dengan adanya media E-magazine Berbasis
Android subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh sebagai media
pembelajaran? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mngetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media E-magazine Berbasis
Android subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh dalam pembelajaran.
Subjek penilitian pada uji coba lapangan dilakukan pada kelas V SDN
Pandeanlamper 02 Semarang dengan jumlah peserta didik 30.
Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (RnD) yang
digunakan untuk menghasilkan produk dan sekaligus menguji kelayakan produk
yang dikembangkan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk
teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Media E-Magazine
Berbasis Android dilakukan berdasarkan langkah-langkah model pengembangan
ADDIE.
Hasil validasi penelitian dapat disimpulkan bahwa media E-Mgazine
Berbasis Android subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh Kelas V
Sekolah Dasar dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Persentase skor hasil validasi media secara keseluruhan memperoleh nilai
persentase 95,00% dengan kriteria “sangat baik”, dan nilai validasi kelayakan
materi sebesar 100,00% dengan kriteria “sangat baik”. Adapun hasil angket
tanggapan guru oleh guru kelas memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar
87,50% dengan kriteria “sangat baik”. Perolehan persentase angket tanggapan
peserta didik yaitu 86,33%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan oleh peneliti
adalah supaya penggunaan media E-Magazine Berbasis Android pada saat uji
pengembangan, peralatan pembelajaran perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya
agar pada saat pembelajaran tidak terjadi suatu hal yang dapat mengganggu
pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, E-Magazine, Android, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:33 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7627 |