KHUSNA, ANISA UL (2019) SAMPUL LUAR PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANISA UL KHUSNA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ANISA UL KHUSNA. NPM 15110040. “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama Terhadap Kemandirian
Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang”. Skripsi. Program
Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Uniersitas PGRI
Semarang. Uniersitas PGRI Semarang. 2019. Dr. Arri Handayani,S.Psi.,M.Si
sebagai dosen pembimbing I, Dr. G Rohastono Ajie, M.Pd sebagai dosen
pembimbing II. Penelitian dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang
mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah, adanya kerjasama pada saat ujian
berlangsung, siswa berbicara dan asik sendiri, masih banyak siswa yang pasif
ketika pembelajaran berlangsung.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah ada
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap
kemandirian belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap
kemandirian belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan True
Eksperimental Design dengan desain Preteat Posttest Control Group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman
Pemalang dengan jumlah 152 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa
yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple
random sampling. Data penelitian diperoleh melalui instrument penelitian
skala kemandirian belajar dengan empat alternatif jawaban. Hasil analisis dengan
menggunakan uji-t.
Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus product moment,
dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas
instrument diperoleh butir instrument yang alid 29 butir dan 11 butir tidak alid
digugurkan dengan koefiisien reliabilitas 0,355. Hasil pretest menunjukan rata-
rata kelompok eksperimen sebesar 75,7 dan kelompok kontrol menunjukan rata-
rata 82,2 sedangkan hasil posttest menunjukan rata-rata kelompok eksperimen
90,8 dan kelompok montrol menunjukan rata-rata 84,7. Terjadi peningkatan rata-
rata kelompok eksperimen sebesar 15,1 poin dan rata-rata kelompok kontrol
sebesar 2,5 poin. Pada perhitungan hasil uji-t dapat diketahui bahwa hasil
(2,101) pada taraf signifikansi 5% (N=20) -2 = 18 yang
berarti . Maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap kemandirian belajar
siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang”.
Kata kunci: Layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Psikodrama,
Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:30 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7624 |