ANALISIS MINAT LITERASI BACA DAN TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI PANDEAN LAMPER 04 SEMARANG

SULISTYOWATI, FITRIANI (2020) ANALISIS MINAT LITERASI BACA DAN TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI PANDEAN LAMPER 04 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FITRIANI SULISTYOWATI.pdf] Text
FITRIANI SULISTYOWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fitriani Sulistyowati. NPM 15120340. “Analisis Minat Literasi Baca dan
Tulis Siswa Kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I adalah Mudzanatun, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II adalah Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd. September 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah gerakan literasi baca
dan tulis yang diterapkan di SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang khususnya
siswa kelas IV. Peneliti melihat bahwa siswa kelas IV jarang sekali mengunjungi
perpustakaan.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah minat literasi baca dan
tulis siswa kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang ? Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat literasi baca dan tulis
siswa kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan
metode observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian mengambil subjek yang
diambil di SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang khususnya siswa kelas IV
dan diolah secara triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat literasi baca dan tulis siswa
kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 04 Semarang masih tergolong lemah. Hal ini
dibuktikan dengan hasil observasi, angket yang diisi oleh siswa dan orangtua juga
dokumentasi yang dikumpulkan oleh peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas IV
SD Negeri Pandean Lamper 04 akan melakukan kegiatan baca dan tulis jika
diminta oleh guru mereka. Tidak ada keinginan dari siswa sendiri untuk
melakukan kegiatan membaca atau menulis.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah sekolah
hendaknya meningkatkan kinerja perpustakaan juga menjalin kerjasama antara
perpustakaan, guru kelas dan orangtua siswa untuk meningkatkan minat literasi
baca dan tulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:26
Last Modified: 18 Nov 2024 07:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7620

Actions (login required)

View Item
View Item