AWLIYA, FITHRIYANI (2020) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 2 LUMANSARI KENDAL PADA MASA PANDEMI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Fitriani Aulia.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
FITHRIYANI AWLIYA. NPM 16120373. “Keefektifan Model Number
Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika di SDN 2 Lumansari Kendal
Pada Masa Pandemi”. SKRIPSI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dwi Prasetiyawati
D.H., S.Pd.,M.Pd. SinggihAdhi Prasetyo,S.Sn.,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa yang belum mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan kurangnya
pengetahuan siswa dan siswa kurang tertarik dengan proses belajar mengajar guru
yang jarang menggunakan model pembelajaran dan pemanfaatan media yang
digunakan kurang bervariatif. Sehingga siswa masih asik bermain dan mengobrol
sendiri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
Number Heads Together efektif terhadap hasil belajar matematika di SDN 2
Lumansari pada masa pandemi?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
keefektifan model pembelajaraan Number Heads Together efektif terhadap hasil
belajar matematika di SDN 2 Lumansari pada masa pandemi.
Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi pada
penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas II SDN 2 Lumansari Kendal. Data
diperoleh melalui wawancara,tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis akhir menunjukan adanya keefektifan model
Number Heads Together terhadap hasil belajar matematika di SDN 2 Lumansari
pada masa pandemi. Hal itu dibukikan dengan sebesar 7,959 dan
sebesar 1,729 maka > sehingga ditolak dan diterima.
Pengujian tersebut diambil melalui nilai pretest-postest.
Simpulan dari penelitian ini adalah adanya keefektifan model Number
Heads Together terhadap hasil belajar matematika di SDN 2 Lumansari pada
masa pandemi. Saran yang dapat disampaikan adalah dengan adanya model
number heads together berbantu media gelas bilangan dapat meningkatkan
kreatifitas dan inovasi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Number Heads Together, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:25 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7618 |