HARDHYATY, FITRIANA (2020) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN SCIENCE INQUIRY PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK TK A PUSAT UNGGULAN PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FITRIANA HARDHYATY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Fitriana Hardhyaty NPM 16150021. “Analisis Proses Pembelajaran
Science Inquiry pada Anak Usia Dini Kelompok TK A di Pusat Unggulan PAUD
Taman Belia Candi Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keingintahuan peneliti mengenai
proses pembelajaran science inquiry di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia
Candi Semarang. Proses pembelajaran merupakan upaya untuk memberikan
stimulasi kepada anak agar menimbulkan respon positif pada diri anak. Dengan
menerapkan proses pembelajaran science inquiry, guru dapat mengembangkan
keterampilan berpikir kritis pada diri anak. Tujuan yang ingin dicapai peneliti
adalah mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran science inquiry
pada anak usia dini kelompok TK A di Pusat Unggulan PAUD Taman Belia
Candi Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Subyek penelitian ini adalah guru.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa guru – guru di Pusat
Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang telah menerapkan proses
pembelajaran science inquiry. Penerapan proses pembelajaran science inquiry
tersebut dilakukan dengan 4 (empat) pijakan, yaitu: pijakan lingkungan main,
pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. Adapun
langkah – langkah proses pembelajaran science inquiry, yaitu: (a) orientasi; (b)
merumuskan masalah; (c) mengajukan hipotesis; (d) mengumpulkan data; (e)
menguji hipotesis; (f) membuat kesimpulan. Terdapat 3 (tiga) hal yang menjadi
kekhasan dalam penerapan proses pembelajaran science inquiry di Pusat
Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang, yaitu: (a) Guru melakukan
invitasi dengan menarik untuk membangkitkan rasa ingin tahu pada anak; (b)
Guru melakukan provokasi pada anak untuk meningkatkan semangat anak dalam
menemukan ide pemecahan masalah; (c) Guru mengajukan pertanyaan dengan
model “open ended question” untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi pada anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya semua guru PAUD membekali diri dengan kemampuan guna
mempersiapkan dan menerapkan proses pembelajaran science inquiry.
Kata Kunci : Proses Pembelajaran; Science Inquiry; Pendidikan Anak Usia
Dini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:20 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7615 |