PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI FPB-KPK KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SD NEGERI 1 GENJAHAN BLORA

RUKMANA, ANIS LATIFAH HIDAYATUL (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI FPB-KPK KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SD NEGERI 1 GENJAHAN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANIS LATIFAH HIDAYATUL RUKMANA.pdf] Text
ANIS LATIFAH HIDAYATUL RUKMANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ANIS LATIFAH HIDAYATUL RUKMANA. NPM 16120315.
“Pengembangan bahan ajar pada materi FPB-KPK Kelas IV berbasis pendekatan
Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa di SDN 1
Genjahan Blora”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas
PGRI Semarang. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd., Mira Azizah, S.Pd., M.Pd. Oktober,
2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan penalaran siswa, masih sulitnya siswa untuk menguasai materi
FPB/KPK dan belum tersedianya bahan ajar yang dibutuhkan oleh siswa.
Dukungan dari guru terhadap pengembangan bahan ajar ini juga melatar
belakangi pengembangan ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah bahan ajar yang
dikembangkan berbasis pendekatan open-ended layak digunakan untuk
meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Tujuan penelitian ini diantaranya
adalah untuk menguji kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis
pendeketan open ended untuk meningkatkan penalaran siswa.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development) dengan model menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini adalah 3 (tiga) guru SDN 1 Genjahan Blora tahun pelajaran
2020/2021. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket kebutuhan
guru, hasil validasi dari Dosen ahli dan uji coba lapangan awal.
Hasil validasi ahli materi pada tahap I diperoleh nilai rata-rata 76,79
dengan kategori baik, pada tahap II diperoleh nilai rata-rata 80,95 dengan kategori
baik. Hasil validasi media pada tahap I diperoleh nilai rata-rata 92,26 dengan
kategori sangat baik, pada tahap II diperoleh nilai rata-rata 91,07 dengan kategori
sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal validasi materi diperoleh nilai rata-rata
85,71 dengan kriteria sangat baiak dan uji lapangan awal validasi medileh rata-
rata 85,31 dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil-hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa
pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan Open-Ended layak digunakan
untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa di SD Negeri 1 Genjahan Blora.
Peneliti menyarankan jika tidak ada pandemi corona, agar menerapkan
pembelajaran dengan bahan ajar yang dikembangkan berbasis pendekatan Open-
ended secara langsung kepada siswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Pendekatan Open-ended, Kemampuan Penalaran,
FPB/KPK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:20
Last Modified: 18 Nov 2024 07:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7614

Actions (login required)

View Item
View Item