PERANAN PERMAINAN FINGER PAINTING DALAM KREATIVITAS ANAK USIA DINI

HANDAYANI, FITRIANA (2020) PERANAN PERMAINAN FINGER PAINTING DALAM KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FITRIANA HANDAYANI.pdf] Text
FITRIANA HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FITRIANA HANDAYANI, NPM 18156030. “Peranan Permainan Finger
Painting Dalam Kreativitas Anak Usia Dini”. Peneltian Kepustakaan Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. dan Pembimbing II
Dwi Prasetiyawati DH, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kreativitas anak usia dini. Hal tersebut dapat dilihat dari ditemukannya kreativitas
anak belum berkembang sesuai harapan. Yang ditunjukkan bahwa sebagian besar
anak belum memunculkan indikator dari aspek kreativitas seperti bertanya,
menjelajah lingkungan sekolah, melakukan kegiatan yang unik, menyebutkan
banyak jawaban atas satu pertanyaan, dan mencoba hal-hal baru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan permainan
finger painting dalam kreativitas anak usia dini? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peranan permainan finger painting
dalam kreativitas anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Dalam
penelitian ini, hanya menggunakan sumber data sekunder saja. Metode
pengumpulan data yaitu dengan kajian isi dan teknik dokumentasi.
Hasil analisis dilakukan melalui studi pustaka dapat dapat disimpulkan bahwa
Kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan finger painting.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
harus mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, bervariasi, menarik dan
menyenangkan bagi anak. Guru dapat memperkuat lagi peran guru dalam
berinteraksi dan peran guru dalam bimbingan dan pemeliharaan dalam melatih
kreativitas anak melalui kegiatan finger painting dengan memperjelas informasi
atau penerapan mengenai tema dan menyusun media yang menarik. Guru
diharapkan menyediakan media yang lebih berwarna dan bervariasi untuk
memperkaya anak sehingga anak punya lebih banyak pilihan ide dan juga
memperdalam cara menstimulasi kreativitas anak;
Kata kunci : Kreativitas, Finger Painting, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:18
Last Modified: 18 Nov 2024 07:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item
View Item