PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AL-ISLAM SUMUREJO SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NINGRUM, FITRIA (2020) PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AL-ISLAM SUMUREJO SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fitria Ningrum.pdf] Text
Fitria Ningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fitria Ningrum. “Penerapan Model Scramble dalam Pembelajaran Menulis
Teks Deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Islam Sumurejo
Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.” Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arisul Ulumuddin S.Pd., M.Pd. dan
Pembimbing II Dr.Ika Septiana, S.Pd., M.Pd. Desember 2019.
Kata kunci : Penerapan, model Scramble, menulis teks deskripsi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir dan
menguasai kemampuan menulis peserta didik kelas VII MTs Al-Islam Sumurejo
untuk menulis teks deskripsi dengan langkah dan struktur yang tepat. Selain itu,
pendidik menyampaikan materi dengan model yang membosankan sehingga peserta
didik merasa jenuh pada materi pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Scramble dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas
VII MTs Al-Islam Sumurejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan penerapan model Scramble dalam pembelajaran menulis
teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Al-Islam Sumurejo Tahun Pelajaran
2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif,yang berupa
deskripsi dan dilakukan dengan pengamatan. Data kualitatif berupa data deskriptif
yang dikelompokkan berdasarkan teknik pengumpulan data kemudian ditarik
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Scramble dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Al-Islam Sumurejo
diperoleh hasil belajar berupa nilai peserta didik yaitu hasil dokumentasi dengan
kategori sangat baik ada 8 peserta didik atau persentase 38%, kategori baik ada 11
peserta didik atau persentase 52%, kategori cukup ada 2 peserta didik dengan
persentase 10% dengan rata-rata nilai mencapai 83 sehingga, dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Al-Islam Sumurejo
Semarang Tahun Ajaran 2019/2020 berhasil dan sudah mencapai nilai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di Sekolah yaitu 75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:16
Last Modified: 18 Nov 2024 07:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7612

Actions (login required)

View Item
View Item