PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI BERBASIS ANDROID PADA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA SEMARANG

Adi, Tri Gustoro (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI BERBASIS ANDROID PADA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Tri Guntoro Adi.pdf] Text
Tri Guntoro Adi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tri Gustoro Adi. NPM 15230135. “Pengembangan Media Pembelajaran Bola Voli
Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
se-kota Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang 2019. Pembimbing I yaitu Galih Dwi Pradipta, S.Pd,
M.Or dan Pembimbing II yaitu Danang Aji Setyawan, S.Pd,M.Pd.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil observasi guru yang masih
menggunakan pembelajaran yang konvensional. Pembelajaran belum ada variasi
sehingga tidak jarang ditemui siswa yang jenuh dan tidak memperhatikan selama
pembelajaran berlangsung sehingga menyebabkan siswa kurang memahami materi
yang disampaikan. Karena kurang mengoptimalkan media yang ada, maka guru pada
perannya harus bisa membangkitkan siswa dengan berpikir kreatif dan inovatif dalam
pemilihan media pembelajaran guna menunjang kualitas proses belajar mengajar
sehingga proses pembelajaran dapat belajar secara efektif sehingga aspek kognitif,
aspek afekif dan aspek psikomotorik dapat tercapai.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui
tahapan sebagai berikut : analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.
Pada tahap pengembangan produk sebelumnya di validasi oleh ahli materi dan ahli
media, baru setelah produk di nyatakan layak produk di uji cobakan kepada peserta
didik kelas X SMK Negeri se-kota Semarang. Data dikumpulkan melalui angket, lalu
dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk presentase.
Hasil validasi ahli materi sebesar 97% dengan kategori “sangat layak” dan ahli
media sebesar 69% dengan kategori “layak”. Hasil penelitian terhadap responden
yaitu peserta didik SMK Negeri se-Kota Semarang, tahap pertama yaitu skala kecil
dengan jumlah 5 kelas memperoleh presentase sebesar 90,17% dengan kategori
“sangat layak”, lalu dilanjutkan ke tahap kedua yaitu skala besar dengan jumlah 11
kelas memperoleh presentase sebesar 90,94% dengan kategori “sangat layak”. Jadi
dapat disimpulkan bahwa produk VL (Volly learning) layak untuk digunakan dalam
proses pembelajaran.
Kata kunci : Bola Voli, Pengembangan (Research and Development/ RnD), media
pembelajaran, android.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:15
Last Modified: 18 Nov 2024 07:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7611

Actions (login required)

View Item
View Item