Lutfiana, Fitria (2020) KESIAPAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PAPERLESS BERBASIS APLIKASI EXAMBRO DI SMA NEGERI 1 KAYEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Fitria Lutfiana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Fitria Lutfiana “Kesiapan Sekolah dalam Implementasi Kebijakan
Paperless Berbasis Aplikasi Exambro di SMA Negeri 1 Kayen”, Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sistem evaluasi pembelajaran
yang baru digunakan ditahun 2019 yaitu berbasis aplikasi exambro yang pada
tahun-tahun sebelumnya belum pernah diterapkan di SMA Negeri 1 Kayen.
Meskipun termasuk sistem penilaian akhir sekolah yang baru diterapkan, pada
kenyataannya sistem ini dapat bekerja lebih efektif dan efisien, mengurangi
penggunaan kertas (paperless) serta memberikan dampak positif untuk jangka
panjang baik bagi sekolah, guru, maupun peserta didik. Tujuan penelitian ini
untuk menganalisis kesiapan infrastruktur sekolah, kesiapan guru dan kesiapan
peserta didik dalam implementasi kebijakan paperless berbasis aplikasi exambro
di SMA Negeri 1 Kayen.
Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan berpedoman pada teori E-
Learning Readiness yang dikemukakan oleh Teddy and Swatman (2006). Metode
penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Uji
keabsahan data menggunakan kredibilitas dengan metode triangulasi teknik.
Analisis data dilakukan dengan langkah kondensasi data, penyajian data dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan infrastruktur sekolah dalam
pengadaan exambro cukup memadai, namun masih ada beberapa kendala yang
terjadi seperti jaringan internet tidak stabil. Kendala tersebut dipengaruhi oleh
sinyal yang secara tiba-tiba dapat berubah karena faktor cuaca yang tidak
mendukung dan lokasi geografis sekolah. Selanjutnya guru di SMA Negeri 1
Kayen belum secara keseluruhan siap dalam menerapkan evaluasi pembelajaran
dengan menggunakan exambro. Guru dengan usia dibawah 50 tahun lebih mudah
dalam menyikapi peralihan pada teknologi pembelajaran, sedangkan guru dengan
usia diatas 50 tahun belum familiar terhadap IT. Peserta didik belum sepenuhnya
siap dalam menerapkan aplikasi exambro dalam proses evaluasi pembelajaran.
Hal ini dapat dibuktikan dengan masih seringnya terjadi kendala teknis seperti
peserta didik yang lupa password untuk login exambro dan tidak semua peserta
didik memiliki smartphone android yang dapat mendukung penggunaan exambro.
Kata Kunci: Kesiapan Sekolah, Paperless, Exambro.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:14 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7608 |