KEEFEKTIFAN METODE QUIP Question Into Paragraph DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 20 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AINURRIFQI, MUHAMAD (2020) KEEFEKTIFAN METODE QUIP Question Into Paragraph DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 20 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Muhamad Ainurrifqi.pdf] Text
Muhamad Ainurrifqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Muhamad Ainurrifqi. NPM 15410201. Keefektifan Metode QuIP Dalam
Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 20
Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Siswanto PHM,M.Pd.dan
Pembimbing II Icuk Prayogi,S.S.,M.A.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peserta didik yang kurang aktif, dan.
Rendahnya minat siswa saat pembelajaran berlangsung pada keterampilan
menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang. Melihat
kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan media pembelajaran tertentu untuk
memudahkan dan menumbuhkan minat siswa dalam menulis teks eksplanasi
sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dan nyaman untuk siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Keefektifan Metode QuIP
Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas VIII
SMP N 20 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini memiliki tujuan
untuk mengetahui keefektifan metode QuIP dalam pembelajaran menulis teks
eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan metode
penelitian eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini berupa nilai siswa yang
diperoleh dari hasil teknik nilai kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi.
Populasi pada penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20
Semarang yang berjumlah 2 kelas. Berdasarkan teknik non probability sampling
dengan jenis sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
F dan siswa kelas VIII G. Kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang diberi
perlakuan mengenai keefektifan memanfaatkan metode Quip dalam pembelajaran
menulis teks eksplanasi, dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang tidak diberi
perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, dan uji
hipotesis yang menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa didapatkan nilai
thitung sebesar 3,650 setelah itu dibandingkan dengan ttabel, ttabel dengan rumus
n1+n2-2= 30+30-2=58 dk=58, taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 2,00172, karena
thitung>ttabel yaitu 3,650 >2,00172, maka hipotesis alternatif diterima. Dengan
demikian dapat dikatakan efektif, bahkan dapat dikatakan signifikan. Perhitungan
uji t didapatkan nilai thitung sebesar 3,650 setelah itu dibandingkan dengan nilai
ttabel, ttabel dengan rumus n1-1=30-1=29 dk=29, taraf signifikan 1% diperoleh t
tabel 2,75639 karena thitung>ttabel yaitu 3,650>2,75639 maka hipotesis alternatif
diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode QuIP efektif dalam pembelajaran
menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang tahun
ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:27
Last Modified: 18 Nov 2024 07:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7604

Actions (login required)

View Item
View Item