APRILIA, ANINDITA DWI KUSTI (2019) MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BERCERAI SISWA KELAS XII MIPA SMA N 3 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Anindita Dwi Kusti Aprilia.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Anindita Dwi Kusti Aprilia NPM 15110131 “Motivasi Belajar Siswa
dari Keluarga bercerai Siswa Kelas XII SMA N 3 Pemalang”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2019. Pembimbing I Dr. Arri Handayani, S.Psi., M.Si.
Pembimbing II Padmi Dhyah Yulianti, S.Psi., M.Psi.,Psikolog.
Latar belakang masalah yang mendorong penelitian ini adalah siswa dari
keluarga bercerai yang terlihat kurang termotivasi dalam belajarnya. Hal ini dapat
dilihat saat siswa mengikuti jam pelajaran, siswa masih terlihat pasif, kurang
antusias saat proses pembelajaran, sering keluar masuk kelas saat jam pelajaran
sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar
siswa dari keluarga bercerai.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif karena data yang
diperoleh tidak berupa angka-angka melainkan berupa kalimat atau pernyataan-
pernyataan yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang
dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta atau fenomena di lapangan.
Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis dan diuraikan untuk mengetahui
motivasi belajar dari siswa dari keluarga bercerai.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Partisipan penelitian, menunjukkan
bahwa motivasi belajar siswa tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari kuatnya
kemauan untuk belajar, jumlah waktu yang disediakan, kerelaan meninggalkan
kewajiban atau tugas lain, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas belajarnya
antara lain: siswa kurang aktif saat proses pembelajaran, kurang dapat
memanfaatkan waktu, sering menunda-nunda dalam mengerjakan tugas, kurang
antusias dalam mengkuti pelajaran, tidak adanya kesadaran untuk belajar.
Saran yang disampaikan oleh peneliti hendaknya guru BK dapat terus
memberikan dukungan, motivasi, dan perhatian lebih kepada siswa yang berasal
dari keluarga bercerai agar nantinya siswa dapat selalu termotivasi belajarnya.
Kata Kunci : Motivasi Belajar siswa, Perceraian, Studi Kasus
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:09 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7602 |