INDRIANI, FITRI (2020) STUDI ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENULIS DAN CARA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS II A SDLB NEGERI PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FITRI INDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
FITRI INDRIANI. NPM 15120435. Skripsi. Januari 2020. “Studi Analisis
Kesulitan Belajar Menulis dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Kelas II A SDLB
Negeri Pati”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Joko Siswanto,
M.Pd., dan Pembimbing II Diana Endah Handayani, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan belajar menulis siswa
tunanetra di SDLB Negeri Pati. Hasil belajar menulis siswa tunanetra di kelas II A
nilai ketuntasan hanya mencapai 50% dari skor Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Fokus penelitian ini adalah kesulitan belajar
menulis dan cara mengatasinya pada siswa kelas II A SDLB Negeri Pati. Tujuan
penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kesulitan belajar menulis dan cara
mengatasinya pada siswa kelas II A SDLB Negeri Pati.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsif.
Sumber data pada penelitian ini siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara,
dokumentasi, dan trianggulasi gabungan. Keabsahan data dilakukan melalui uji
kredibilitas data dengan trianggulasi yaitu hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan
mengumpulkan, menulis, dan menyimpulkan tanggapan dari sumber yang
diperoleh, dan penelitian kuantitatif digunakan untuk menghitung data kuisioner
yang berupa angka-angka.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan, bahwa kesulitan
belajar menulis siswa tunanetra kelas II A, antara lain: 1) siswa kesulitan dalam
memegang pensil; 2) siswa kesulitan dalam menuliskan nama panggilannya
sendiri; 3) siswa kesulitan dalam menuliskan huruf; 4) siswa kesulitan dalam
menyalin kata-kata dari papan tulis ke reglet; dan 5) siswa kesulitan menulis
menggunakan reglet. Cara mengatasi kesulitan siswa menggunakan pensil dengan
cara melatih terus menerus dengan intensif. Cara mengatasi kesulitan siswa
menuliskan nama panggilannya sendiri dengan memberikan contoh, sehingga
siswa dapat mencontoh dan menuliskan namanya sendiri. Cara mengatasi
kesulitan siswa menuliskan huruf dengan cara mengulang terus menerus menulis
huruf yang bentuknya hampir sama, siswa akan terbiasa dan mengetahui
perbedaannya. Cara mengatasi kesulitan siswa menyalin kata-kata dari papan tulis
ke reglet dengan melatih terus menerus karena menyalin kata-kata dari papan tulis
ke reglet bagi siswa tunanetra membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara
mengatasi kesulitan menulis pada garis reglet dengan meraba dengan urut dan
ditiru.
Kata Kunci: Studi Analisis, Siswa Tunanetra, Pembelajaran Menulis,
Kesulitan Belajar Menulis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 07:02 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7597 |