UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A MELAUI BERMAIN EGRANG BATHOK KELAPA DI RA KARAKTER SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

MURTAZIQOH, ANIK (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A MELAUI BERMAIN EGRANG BATHOK KELAPA DI RA KARAKTER SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANIK MURTAZIQOH.pdf] Text
ANIK MURTAZIQOH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ANIK MURTAZIQOH, NPM 12150069. “Upaya Meningkatkan Kemandirian
Anak Kelompok A Melalui Bermain Egrang Bathok Kelapa
Di
RA
Karakter Semarang Tahun Ajaran 2018/2019”. Peneltian Tindakan Kelas (PTK)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Agung Prasetyo, S.Psi, M.Pd.Psi dan
Pembimbing II Dwi Prasetiyawati DH, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemandirian pada anak kelompok A RA Karakter Semarang. Hal tersebut
disebabkan oleh kurangnya variasi kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan
kemandirian anak.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) dibutuhkan dorongan
motivasi lebih untuk mengembangkan kemandirian, 2) masih banyak anak yang
meminta bantuan ketika melakukan kegiatan sekolah , 3)fasilitas cukup untuk
mengembangkan kemandirian, 4) sikap mengarahkan perilaku dan tidak
bergantung pada orang lain anak-anak kurang. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian anak melalui bermain egrang
bathok kelapa pada anak kelompok A RA Karakter Semarang.
Metode penelitian dilakukan dengan tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah anak kelompok A di RA Karakter Semarang yang berjumlah 26 anak,
terdiri dari 16 anak laki-laki dan 10 anak perempuan tahun ajaran 2018/2019. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, observasi
terdiri dari pengamatan yang dilakukan melalui lembar observasi sedangkan
dokumentasi terdiri dari foto dan video yang diambil pada saat penelitian.
Hasil penelitian kemandirian anak melalui bermain engrang bathok kelapa
yang dicapai anak didik lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya
dimana perkembangan kemandirian anak hanya mencapai 19,2%, namun setelah
dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui bermain engrang bathok
kelapa, pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 42,3%, maka dari itu
dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan sebesar
88,4%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target penelitian.
Disimpulkan bahwa melalui bermain egrang bathok kelapa dapat meningkatkan
kemandirian pada anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
kegiatan bermain alat permainan tradisional terutama egrang bathok kelapa dapat
digunakan sebagai salah satu variasi kegiatan pembelajaran bagi guru untuk
meningkatkan kemandirian pada anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:03
Last Modified: 18 Nov 2024 07:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7596

Actions (login required)

View Item
View Item