ALGORITMA FISHER-YATES DALAM APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER UNTUK SMK KELAS X (Studi Kasus : SMK N 8 Semarang)

GLADISMAWASTI, FISKY SYAFITRI (2020) ALGORITMA FISHER-YATES DALAM APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER UNTUK SMK KELAS X (Studi Kasus : SMK N 8 Semarang). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fisky Syafitri Gladismawasti.pdf] Text
Fisky Syafitri Gladismawasti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penguasaan terhadap materi hardware d a n software sangat penting dalam
memahami kinerja komputer secara umum. Namun demikian siswa jurusan
TKJ sering mengalami kesulitan terutama pada penguasaan materi
hardware. Hal ini disebabkan karena kurangnya alokasi waktu praktikum di
lab dan sarana hardware yang terbatas. Augmented Reality (AR) adalah
salah satu metode pembelajaran yang popular saat ini. Pembelajaran AR
dikenal mampu menampilkan objek secara 3 dimensi (3D) yang nyata dan
real time sehingga memudahkan siswa menguasai materi pembelajaran.
Dilihat dari perkembangan teknologi kita harus membuat hal yang baru
dalam memperkenalkan komponen hardware komputer. Dari hasil
penelitian yang dilakukan di SMK N 8 Semarang guru-guru disana masih
menggunakan media konvensional berupa buku paket, powerpoint untuk
proses belajar. Oleh karena itu, penulis membuat sebuah aplikasi pendukung
pembelajaran pengenalan hardware komputer menggunakan Augmented
Reality. Aplikasi ini berbasis Android agar siswa dapat dengan mudah
memahami materi tentang komponen hardware komputer dalam bentuk
3D. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode waterfall untuk tahap
pengembangan. Aplikasi Pengenalan Hardware Komputer berisikan materi
– materi tentang komponen komputer beserta objek 3D nya dan soal quiz
yang menggunakan pengacakan soal dengan algoritma fisher-yates.
Berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) yang dilakukan dengan
memberikan angket kuisioner kepada 10 siswa mendapatkan hasil dari
beberapa aspek yaitu segi kemanfaatan menghasilkan presentase sebesar
86,4%, segi kemudahan menghasilkan presentase sebesar 89,2% dan segi
antarmuka mendapatkan hasil sebesar 91,7%.
Kata Kunci : Augmented Reality, Fisher-Yates, metode waterfall, komponen
hardware komputer , User Acceptance Test (UAT)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:52
Last Modified: 18 Nov 2024 06:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7587

Actions (login required)

View Item
View Item