ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE DI TENGAH PANDEMI COVID- 19 TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 9 KELAS V SDN CEMPAKA 01 TEGAL

MUTTAQIN, MUH (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE DI TENGAH PANDEMI COVID- 19 TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 9 KELAS V SDN CEMPAKA 01 TEGAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Muh Muttaqin (16120207).pdf] Text
Muh Muttaqin (16120207).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MUH MUTTAQIN NPM 16120207 “Analisis Pembelajaran Online Di Tengah
Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Tema 9 Kelas V SDN Cempaka 01
Tegal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ikha Listyarini,
S.Pd., M.Hum. Dosen Pembimbing II Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. oktober. 2020
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran daring/
online di Sekolah Dasar. Hal tersebut disebabkan karena Pandemi Covid-19
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pademi covid-19 mempersulit dalam
kegiatan belajar mengajar di sekolah,sehingga kegiatan belajar mengajar yang
semula dilaksanakan di sekolah kini menjadi belajar dirumah melalui
daring.Permasalahan lain dari adanya sistem pembelajaran secara online ini
adalah akses informasi yang terkndala oleh sinyal yang menyebabkan lambatnya
dalam mengakses informasi
Jenis Penelitian ini adalah Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dengan
kuantitatif yaitu mengungkapkan pengaruh antar variabel dan dinyatakan dalam
angka serta menjelaskannya dengan membandingkan dengan teori-teori yang telah
ada dan menggunakan teknik analisis data yang sesuai dengan variabel dalam
penelitian. Variabel yang diteliti yaitu pembelajaran online ditengah pandemi
Covid 19 sebagai variabel independen/bebas (X) dan hasil belajar tema 9 sebagai
variabel dependen/terikat (Y).
Berdasarkan hasil angket pembelajaran online ditengah pandemic Covid 19
frekuensi skor pembelajaran online dengan kategori sangat baik adalah sebanyak
77,7% dari total 14 siswa. Sedangkan frekuensi dengan kategori baik adalah
sebanyak 22,3% dari total 4 siswa., hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran
online selama pandemic covid 19 yang diberikan mayoritas adalah sangat baik
dan baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah untuk
memperoleh hasil penelitian yang lebih mendetail dan mendalam,peneliti
selanjutnya diharap melakukan survey secara mendetail terlebih dahulu dalam
melakukan penelitian,termasuk memahami karakteristik responden yang akan
diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:49
Last Modified: 18 Nov 2024 06:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7584

Actions (login required)

View Item
View Item